Home » Wanita » Penyebab Siklus Haid yang Tidak Teratur

Penyebab Siklus Haid yang Tidak Teratur



siklus haid normalHaid tidak lancar. Siklus haid tidak menentu, kadang rutin sebulan sekali tapi bisa sampai berbulan-bulan tidak mengalami haid meskipun tidak hamil.

Menurut kidshealth siklus mestruasi normal pada remaja setelah menarche (haid pertama) berkisar antara 21-45 hari sekali sedangkan setelah dewasa siklus ini sedikit berubah yakni antara 21-34 hari.

Ketidak teraturan siklus haid sering terjadi pada remaja muda yang baru mengalami haid karena masih terjadi penyesuaian dalam tubuh. Selama 2 bulan berturut-turut mungkin mengalami siklus haid 28 hari namun kemudian tidak datang bulan di bulan berikutnya. Setelah 1 atau 2 tahun siklus menstruasi akan lebih teratur.

Faktor yang mempengaruhi siklus haid sangat banyak tetapi yang paling berperan adalah hormon. Siklus menstruasi dipengaruhi oleh beberapa hormon yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar dalam otak, ovarium dan rahim. Jika ada suatu gangguan dalam proses ini maka dapat terjadi siklus haid yang tidak teratur.

Hal-hal yang dapat mempengaruhi siklus datang bulan diantaranya yaitu kelelahan dan masalah psikologis. Selain itu masalah berat badan juga mempengaruhi, terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat mempengaruhi metabolisme lemak. Gangguan metabolisme lemak ini akan mempegaruhi produksi hormon estrogen karena estrogen disintesis dari lemak. Ketidak seimbangan inilah yang akan mempengaruhi siklus haid. Siklus haid melibatkan beberapa hormon dan beberapa organ jika produksi hormon dari organ-organ ini terganggu maka akan terjadi gangguan.

Demi mendapatkan tubuh langsing biasanya wanita rela mengurangi jumlah makanan yang seharusnya dikonsumsi setiap hari. Diet yang buruk, tidak seimbang dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi, ini juga dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Beberapa penyakit seperti kista, diabetes dan tumor juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Jika anda mengalaminya segera hubungi dokter untuk menangani akar masalahnya.




loading...

Artikel terkait Penyebab Siklus Haid yang Tidak Teratur

apakah sakit maag mempengaruhi menstruasi. apakah penyakit maag bisa mempengaruhi datang bulan. sakit maag pengaruhi hormon. apakah gangguan pencernaan mempengaruhi siklus haid. wanita habis sakit tifus apa mempengaruhi menstruasi. apakah maag bisa menyebabkan haid tidak lancar. apakah magh bisa mempengaruhi menstruasi.