Home » Penyakit dan Terapi » Wanita » Penyebab Kanker Payudara

Penyebab Kanker Payudara



Kanker yang dimulai di jaringan payudara adalah kanker payudara. Terdapat dua jenis yang utama dari kanker payudara:

1. kanker payudaraKarsinoma ductal yaitu kanker yang dimulai di saluran yang bergerak pada susu, dari payudara ke puting susu. Kanker yang paling banyak adalah dari jenis ini.

2. Karsinoma lobular yaitu kanker yang dimulai di bagian payudara, yang disebut lobulus, yang menghasilkan susu.

Ada sebuah kasus yang jarang terjadi di mana kanker payudara dapat mulai menyebar di daerah lain di payudara. Kanker payudara mungkin invasif. Invasif berarti dapat menyebar dari saluran susu atau lobulus ke jaringan lain di payudara. Non invasif berarti belum menginvasi jaringan lain payudara.

Banyak kanker payudara yang sensitif terhadap hormon estrogen. Ini berarti ada indikasi bahwa estrogen menyebabkan tumor kanker payudara untuk tumbuh. Kanker seperti memiliki reseptor estrogen pada permukaan sel mereka. Mereka disebut estrogen reseptor positif kanker atau ER-positif kanker.

Beberapa atau sebagian wanita memiliki apa yang disebut HER2 positif kanker payudara. HER2 ini mengacu pada gen yang membantu sel tumbuh, membelah, dan memperbaiki diri. Ketika sel-sel (termasuk sel-sel kanker) memiliki terlalu banyak salinan gen ini, maka mereka akan tumbuh lebih cepat. Secara historis, perempuan yang positif HER-2 kanker payudara harus lebih berhati-hati karena HER2-posisitf kanker payudara memiliki penyakit yang lebih agresif dan risiko lebih tinggi bahwa penyakit itu akan kembali (kambuh) dibandingkan perempuan yang tidak memiliki jenis ini. Risiko yang lebih tinggi dari kambuhnya penyakit ini dapat dilawan dengan perawatan khusus yang ditujukan untuk melawan HER2.

Baca juga :   Tentang Gejala Flu dan Penanganannya

Faktor risiko:

1. Seiring bertambahnya usia

Risiko Anda terkena kanker payudara akan meningkat. Kasus kanker payudara banyak ditemukan pada wanita yang mempunyai usia di atas 50 tahun. Wanita mempunyai kemungkinan 100 kali lebih besar daripada pria untuk terkena kanker payudara.

2. Faktor keturunan

Risiko lebih tinggi apabila Anda memiliki kerabat dekat yang memiliki payudara, ovarium, rahim, atau kanker usus besar. Prosentase sekitar 20%-30% wanita dengan kanker payudara adalah mereka yang mempunyai keturunan dari pengidap penyakit ini.

3. Gen

Ada beberapa orang yang memiliki gen yang memungkinkan untuk mengembangkan kanker payudara. Cacat gen yang paling umum ditemukan di BRCA1 dan BRCA2. Gen ini biasanya menghasilkan protein yang melindungi Anda dari kanker. Apabila orang tua Anda pernah mengalami sebuah gen yang rusak , sehingga Anda memiliki peningkatan risiko untuk kanker payudara. Prosentase untuk wanita yang mengalami satu cacat ini adalah 80% peluang terkena kanker payudara selama hidup mereka.

4. Siklus menstruasi

Haid dini sebelum usia 12 tahun bagi perempuan atau mengalami menopause terlambat setelah usia 55  memiliki peningkatan risiko kanker payudara.

Baca juga :   Tips Mengatasi Nyeri Punggung

Faktor  risiko lain:

1. Alkohol

Dalam sehari minum lebih dari 1-2 gelas alcohol dapat meningkatkan risiko untuk kanker payudara.

2. Melahirkan

Setelah usia 30 tahun, wanita yang tidak pernah memiliki anak atau yang memiliki anak, mempunyai peningkatan risiko kanker payudara. Hamil lebih dari sekali atau hamil pada usia dini dapat mengurangi risiko kanker payudara.

3. DES

Penggunaan DES (dietilstilbestrol) untuk mencegah keguguran mungkin memiliki peningkatan risiko kanker payudara setelah usia 40. Untuk wanita dilarang mengkonsumsi obat ini. Obat ini diberikan pada wanita di tahun 1940an-1960an.

4. Terapi penggantian hormon (HRT)

Apabila Anda telah menerima terapi pergantian hormone dengan estrogen selama beberapa tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Obesitas pun telah dikaitkan dengan kanker payudara. Teorinya adalah wanita gemuk menghasilkan lebih banyak estrogen, yang dapat memicu perkembangan kanker payudara.

5. Radiasi

Apabila Anda pernah menerima terapi radiasi untuk mengobati kanker di daerah dada, risiko yang lebih tinggi dapat Anda alami untuk terkena kanker  payudara.




loading...

Artikel terkait Penyebab Kanker Payudara

susu baru tumbuh. pahudara baru tumbuh. susu baru.