Home » Info Kesehatan » Penyebab Jerawat Orang Dewasa

Penyebab Jerawat Orang Dewasa



Masalah yang paling sering dihadapi oleh remaja adalah munculnya jerawat. Dalam masa pubertas, jerawat yang dialami remaja lebih berhubungan dengan masalah hormonal yang sudah mulai aktif. Tapi, masih banyak juga orang dewasa yang merasa kebingungan dalam mengurusi jerawat. Banyak cara dan usaha sudah dilakukan, tapi jerawat masih saja muncul.

Apa yang harus dilakukan supaya jerawat tidak selalu mengganggu wajah? Ada yang merasa paranoid menggunakan pelembab, ada juga yang menjadi maniak dalam membersihkan kulit muka, dan banyak juga perlakuan lain yang sebenarnya salah sehingga jerawat yang ada jadi semakin parah.

Mungkin Anda sudah sering melakukan tindakan yang keliru tersebut, harapan Anda supaya dapat mengatasi jerawat dan kulit wajah Anda menjadi semakin menawan. Berikut ini ada beberapa trik-trik cantik yang dapat Anda coba supaya kulit wajah menjadi lebih baik:

1. Pembersihan yang berlebihan

Memang kurang baik apabila membersihkan wajah tidak dilakukan secara rutin, namun membersihkan wajah dengan berlebihan juga tidak baik karena dapat memperparah produksi minyak pada kulit. Hal itu dapat memperparah kondisi jerawat yang sudah ada.

2. Scrub yang terlalu besar

Tiga kali dalam seminggu melakukan scrub dapat membantu membersihkan kulit dari sebum, racun dan bakteri. Namun, belum tentu semua scrub cocok dan bagus bagi kulit berjerawat sensitif. Lapisan pelindung kulit dapat hilang jika menggunakan scrub yang kasar. Hal ini akan membuat kulit lebih rentan untuk berjerawat. Anda perlu memilih scrub yang lembut, oleskan dan ratakan pada wajah dengan gerakan memutar secara lembut.

Baca juga :   Fakta Dari Penyakit Tipes

3. Awalnya tidak memakai masker

Awalnya menggunakan masker pembersih seperti dapat memperparah kondisi jerawat. Ternyata masker sangat membantu dalam menyembuhkan jerawat secara cepat.

4. Tidak pernah memakai pelembab

Penggunaan pelembab sering diabaikan oleh orang yang mempunyai kulit berminyak serta berjerawat, mereka berpikir bahwa pelembab dapat memperparah jerawat. Sebenarnya mereka yang memiliki kulit berminyak tetap perlu menggunakan pelembab. Tapi Anda harus pintar dalam memilih produk pelembab, pilihlah yang noncomedogenic karena tidak akan menyumbat pori.

5. Makanan yang digoreng

Kesehatan kulit Anda berkaitan dengan jenis minyak yang dikonsumsi setiap hari. Jika lemak minyak yang tidak sehat dikonsumsi secara teratur, akan memaksa tubuh untuk menggunakannya untuk membuat sel kulit baru. Fungsi dari sel-sel kulit tidak akan berjalan dengan baik. Pada akhirnya, penyakit kulit dan jerawat akan terbentuk. Berikut ada beberapa jenis makanan gorengan yang dapat menyebabkan jerawat, seperti kentang goreng, donat, makanan cepat saji China, mozzarella sticks, ayam goreng, dll.

6. Makanan tinggi gula

Baca juga :   Penyebab, Klasifikasi, Dan Kategori Pada Nyeri Kanker

Perlu Anda tahu bahwa gula merupakan salah satu sumber racun bagi tubuh, dan gula ini dapat menyebabkan jerawat. Gula dapat menyebabkan menurunnya pertahanan tubuh sehinga akan mudah terinfeksi bakteri, hal ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Beberapa jenis makan yang mempunyai kandungan gula yang tinggi, seperti soda, permen, es krim, biscuit, coklat dan sereal.

7. Makanan tinggi karbohidrat

Tubuh pada dasarnya hanya memerlukan glukosa dalam jumlah tertentu. Ketika konsumsi karbohidrat terlalu banyak dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, dapat menimbulkan masalah kesehatan dan salah satunya jerawat. Berikut ada beberapa jenis makanan tinggi karbohidrat, seperti pasta, beras putih, roti putih.




loading...

Artikel terkait Penyebab Jerawat Orang Dewasa