Home » Penyakit dan Terapi » Penyebab Dan Pengobatan Perut Kembung

Penyebab Dan Pengobatan Perut Kembung



perut kembungPerut kembung merupakan gangguan dalam pencernaan yang salah satu penyebabnya adalah pilihan makanan atau waktu makan yang tidak tepat. Normalnya, setiap apa yang kita makan akan diolah dan dicerna dalam usus besar. Di dalam usus besar ini, makanan akan mulai tercerna dengan bantuan dari bakteri tertentu.

Penyebab Perut Kembung

Saat makanan mulai tercerna, bakteri dalam usus besar mengeluarkan gas. Jika gas yang dihasilkan oleh bakteri terlalu berlebihan, maka akan menyebabkan perut kembung. Dengan kata lain, perut kembung ini disebabkan oleh produksi gas yang terlalu berlebihan dalam sistem pencernaan.

Perut kembung merupakan masalah yang umum, dan kebanyakan orang pernah menghadapinya. Ada beberapa penyebab utama yang menyebabkan produksi gas dalam pencernaan meningkat. Salah satunya adalah sembelit. Kebanyakan gangguan dalam sisitem pencernaan dapat mengakibatkan perut kembung. Beberapa alasan lain penyebab gangguan perut kembung adalah diet lemak tinggi, mengkonsumsi makanan yang tingkat patinya tinggi misal saja kentang atau jagung, defisensi laktosa, merokok, minum alkohol, atau meminum obat-obatan tertentu.

Baca juga :   Penyebab Penyakit Pneumonia

Pengobatan Tradisional Perut Kembung

Pengobatan untuk perut kembung, bisa dilakukan dengan menggunakan obat herbal. Berikut akan dijelaskan beberapa obat herbal yang dapat membantu menyembuhkan perut kembung:

1. Sup bawang putih. Campur bersama bawang putih, jinten, merica hitam dan biji ketumbar. Kemudian, dicampur air dan dimasak selama 15 sampai 25 menit. Sup ini, bukan hanya dapat memperlancar pencernaan tetapi juga akan mengurangi gas dalam usus.

2. Asafetida sangat efektif karena merupakan obat anti-kembung. Campur setengah cangkir air dan potongan kecil asafetida. Aduk sampai asafetida larut sepenuhnya. Minum setiap kali Anda mengalami perut kembung.

3. Makan biji ketumbar sedikit, dapat mengurangi gas yang berlebihan. Selain itu, juga sangat efektif pada gangguan nyeri perut yang disebabkan kelebihan gas.

4. Wedang jahe. Siapkan satu cangkir air yang sudah mendidih dan campur dengan jahe yang sudah digiling.

5. Teh biji jinten juga sangat efektif. Campurkan satu sendok teh biji jintan panggang ke dalam dua gelas air. Kemudian didihkan, dan ambil satu cangkir untuk diminum setiap hari, sela perut kembung.

Baca juga :   Efek Samping Penggunaan Lensa Kontak

Seseorang yang sedang terkena perut kembung, baiknya menghindari tembakau. Hal ini dikarenakan tembakau tidak baik untuk pencernaan. Selain itu, hindarilah makanan yang banyak mengandung gula, serta menghindari mengumpat kentut, karena lebih baik dikeluarkan.




loading...

Artikel terkait Penyebab Dan Pengobatan Perut Kembung