Home » Penyakit dan Terapi » Penyebab Dan Pencegahan Tinnitus

Penyebab Dan Pencegahan Tinnitus



TinnitusTinnitus atau gangguan berupa suara pada telinga yang tidak diinginkan, yang diakibatkan karena tekanan darah tinggi atau arteriosklerosis. Tekanan darah tinggi terjadi sebagai akibat dari stres, makanan yang salah dan gaya hidup yang tidak sehat.

Garam dan gula hanya memperburuk tinnitus, sehingga harus dihindari. Garam akan membatasi pembuluh darah, menyebabkan hipertensi serta mengurangi aliran darah ke telinga dan otak sehingga memperburuk tinnitus. Dan gula akan mengganggu sistem pendengaran yang menyebabkan tingkat insulin meningkat yang berbahaya karena memperburuk tinnitus serta menyebabkan kondisi lain seperti diabetes tipe 2.

Hal pertama yang dilakukan jika mengalami tinnitus adalah dengan menemui Dokter THT Anda. Dokter THT memang ahlinya dengan masalah telinga, hidung dan tenggorokan. Biasanya, dokter THT dapat menentukan penyebab penyakit ini dari memeriksa tekanan darah tinggi, alergi, stres dan faktor sejenis lainnya terlebih dahulu.Tujuannya adalah untuk menemukan alasan utama terjadinya tinnitus, sehingga mereka mendapatkan metode pengobatan yang dapat dilakukan dan efektif.

Memeriksa banyaknya kotoran telinga juga harus diperhatikan. Jumlah berlebihan dari kotoran berwarna kekuningan ini, di saluran telinga menyebabkan tinnitus juga.

Sama seperti penyakit lainnya, pastikan Anda jauh – jauh dari hal-hal yang hanya memperburuk situasi . Sebagai contoh, mendengarkan suara keras lebih dari 80 desibel yang dampaknya akan lebih  merusak pendengaran. Nah,  maka dari itu gunakanlah tips di bawah ini untuk menjaga kesehatan pendengaran dan menghindari Tinnitus.

1) Lakukan latihan leher, dan lakukan latihan dengan pelan saja untuk menghindari cedera pada leher dan kepala.

2) Beberapa teknik relaksasi dan visualisasi terbukti bekerja sangat baik dan bisa mengurangi gejala tinnitus

3) Menghindari atau meminimalkan konsumsi kafein

4) Cukup tidur sehari-hari

5) Pastikan ada cukup natrium dalam makanan Anda, tetapi tidak terlalu banyak

6) Jauh – jauh dari suara keras atau suara apapun yang kekuatannya melebihi 80-desibel, itu jauh lebih aman

7) Jauh-jauh dari makanan yang mengandung MSG, gula dan garam berlebihan atau mennghindari minumanyang  mengandung alkohol

Anda juga dapat menyembuhkan tinnitus dengan melengkapi menu harian Anda dengan herbal organik seperti ginkgo, wijen, bayam, biji bunga matahari, teh biji fenugreek, minyak jarak, jus bawang, ekor kuda, dan pisang raja. Tumbuhan ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak serta membantu dalam menyembuhkan penyumbatan telinga serta meningkatkan energi Anda sehingga menyembuhkan tinnitus. Jangan mengambil bawang putih jika Anda sedang mengonsumsi ginkgo karena mereka akan bereaksi negatif ke darah. Jadi, jika Anda akan menggunakan bawang putih dalam makanan Anda, jangan menyertakan ginkgo.

Itulah keseluruhan dari penjelasan tentang penyakit  tinnitus atau infeksi pendengaran, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.




loading...

Artikel terkait Penyebab Dan Pencegahan Tinnitus

pencegahan penyakit tinnitus. makanan yang harus dihindari tinnitus. pencegahan Tinnitius.