Home » Info Kesehatan » Penyebab Bersin Penderita Sinusitis

Penyebab Bersin Penderita Sinusitis



Sinusitis merupakan radang yang terjadi di dalam rongga sinus. Sinusitis banyak dialami oleh pasien hay fever, pasien ini mengalami pilek secara menahun akibat alergi dengan sari bunga atau debu. Penyebab sinusitis lainnya yakni penggunaan semprot hidung dan pemakaian bahan kimia yang dihirup oleh hidung. Selain itu, infeksi virus dan bakteri juga turut mempengaruhi.

Mereka yang cenderung lebih sering bersin adalah orang yang mengalami sinusitis. Jika dibandingkan dengan mereka yang normal, orang dengan sinusitis lebih cenderung sering bersin. Kondisi ini sekarang sudah diketahui penyebabnya oleh para peneliti.

Aktivitas bersin akan merestart sistem alami yang ada di dalam tubuh, oleh sebab itu bersin sangat diperlukan oleh setiap orang. Namun sangat disayangkan untuk penderita sinus, kondisi tersebut tidak dapat dialami oleh mereka.

Seperti diketahui bersin merupakan salah satu cara tubuh untuk merestart sistem alami di tubuh, karena itu mengapa seseorang perlu bersin. Tapi sayangnya, pada orang yang memiliki sinus hal tersebut tidak terjadi.

Baca juga :   BPOM : 40% Jajanan Disekolah Anak Mengandung Bahan Berbahaya

Bersin yang bekerja secara baik akan mereset area yang ada pada saluran hidung, ini sangat membantu untuk mengeluarkan partikel buruk  yang ada di dalam saluran hidung atau pernapasan. Sinyal biokima akan dilibatkan ketika melakukan bersin, sinyal biokimia adalah sinyal yang bermanfaat mengatur detak silia.

Para peneliti menyimpulkan bahwa sel-sel para penderita sinusitis tidak merespon bersin seperti pada orang yang nomal yang bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran. Oleh sebab itu para peneliti mengatakan, pasien sinusitis gagal dalam mengatur ulang area yang ada di hidungnya sehingga mereka akan lebih sering bersin-bersin. Penelitian ini telah diterbitka pada FASEB Journal.

Menurut salah seorang peneliti, Noam A Cohen, dari Philadelphia, â??Sinusitis memang jarang menyebabkan kematian, tapi ia bisa memiliki dampak besar pada kualitas hidup dengan sebagian besar gejalanya bermula dari kurangnya lendir di hidung.â?

Penelitian yang dilakukan oleh Cohen dan rekan-rekannya memakai sel hidung tikus, kemudian akan dimasukan kedalam incubator untuk ditumbuhkan serta diukur untuk mengetahui sel-sel tersebut dalam membersihkan lendir. Hasilnya menunjukkan bahwa, sel-sel yang diambil dari sinusitis tidak mampu merespon bersin secara baik. â??Dengan memahami proses yang terjadi pada pasien sinusitis, maka kita bisa mencoba mengembangkan strategi baru untuk untuk membantu meningkatkan kualitas hidup mereka,â? jelas Cohen.

Baca juga :   Apa Saja Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak selalu bersin mempunyai efek yang tidak baik untuk kesehatan. Ternyata tubuh kita juga memerlukan bersin untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada rongga hidung. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai bersin.




loading...

Artikel terkait Penyebab Bersin Penderita Sinusitis

Tanda tanda langit mulut gatal.