Penyebab Asam Urat



asam uratAda dua jenis penyakit asam urat yaitu primer dan sekunder. Penyebab asam urat primer tidak diketahui, diduga karena faktor genetik dan hormonal yang mengakibatkan meningkatnya asam urat karena ketidak seimbangan metabolisme atau karena mekanisme pembuangan asam urat yang kurang baik. Penyakit asam urat/gout  primer 99% dari jumlah total penderita asam urat.

Sedangkan penyebab asam urat sekunder karena makan terlalu banyak makanan yang mengandung purin. Asam urat merupakan produk sampah hasil dari pemecahan purin.

Penyebab asam urat lainnya bisa karena kegemukan, psoriasis, trigeserida yang tinggi, penderita penyakit ginjal, leukemia, anemia sel sabit dan pada penyakit diabetes yang tidak terkontrol.

Penyakit gout atau asam urat terjadi apabila terjadi peradangan sendi karena penumpukan kristal asam urat pada sendi. Kristal ini bentuknya memanjang seperti jarum dan menyebabkan rasa sakit jika sendi digunakan untuk bergerak.

Normalnya, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urin. Tapi  apabila tubuh memproduksi asam urat terlalu banyak atau ginjal mengekskresikan asam urat terlalu sedikit akan terjadi penumpukan kristal urat dalam jaringan sendi atau sekitarnya yang menyebabkan nyeri, peradangan dan pembengkakan.

  • Penyakit gout akut biasanya mempengaruhi salah satu sendi
  • Gout kronis bisa mempengaruhi lebih dari satu sendi dengan sakit berulang
Penyakit asam urat dapat diturunkan dalam keluarga. Lebih sering terjadi pada pria dan pada wanita lebih sering muncul setelah menopause. Minum alkohol juga meningkatkan resiko penyakit ini karena pembuangan asam urat yang terhambat melalui urin. Orang yang sedang menjalani pengobatan tertentu seperti hidroklorotiazid dan obat diuretik lainnya bisa meningkatkan asam urat dalam darah. Untuk pencegahan dan mengurangi kekambuhan terapkan tips mencegah asam urat.



Penyebab Asam Urat | mysite | 4.5