Home » Penyakit dan Terapi » Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit Gagal Ginjal



Suatu penyakit di mana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak mampu lagi bekerja sama sekali untuk menyaring pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium di dalam darah atau produksi urine, penyakit ini disebut penyakit gagal ginjal.

Penyakit ini perlu diwaspadai karena dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius terluka, dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Orang yang telah memasuki usia dewasa sering sekali mengalami penyakit gagal ginjal ini, terlebih pada orang yang telah lanjut usia.

Penyebab Gagal Ginjal

Penyakit serius yang diderita biasanya menjadi penyebab terjadinya gagal ginjal, walaupun terjadi secara perlahan akan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Ada beberapa penyakit yang dapat berdampak pada kerusakan ginjal, antara lain:

1. Penyakit  Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)

2. Penyakit Tekanan darah tinggi (Hypertension)

3. Adanya Sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor)

4. Kelainan Ginjal, dimana pada organ ginjal terjadi perkembangan banyak kista (plycystic kidney disease).

5. Menderita penyakit kanker (cancer)

6. Sel penyaring pada ginjal rusak yang diakibatkan peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Dalam dunia kedokteran sering disebut glomerulonephritis

Baca juga :   Menghindari Kambuhnya Kejang pada Epilepsi

Kegagalan fungsi ginjal juga dapat disebabkan penyakit lain yang tidak cepat ditangani, antara lain muntaber atau kehilangan banyak cairan secara mendadak, perdarahan, luka bakar, penyakit yang menyerang paru-paru (TBC), malaria, sifilis, hepatitis, preeclampsia, obat-obatan dan amyloidosis.

Secara perlahan penyakit gagal ginjal ini berkembang dan akan semakin buruk di mana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana fungsinya. Ada 2 macam jenis serangan gagal ginjal dalam dunia kedokteran yaitu gagal ginjal akut dan kronik.

Tanda dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Penderita gagal ginjal akut mempunyai tanda dan gejala, antara lain : nyeri pinggang, mata bengkak, kencing sakit, demam, kencing sedikit, sering kencing, kencing merah/darah, kelainan urine. Sedangkan untuk penyakit gagal ginjal kronik tanda dan gejalanya yaitu: tidak ada tenaga, lemas, mual, muntah, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat.

Pengobatan dan Penanganan Gagal Ginjal

Tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal untuk menangani dan mengobati gagal ginjal. Tujuan dari pengobatan pada intinya untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Sebagai contoh, untuk menurunkan intake sodium, kalium, protein dan cairan pasien perlu melakukan diet. Apabila penyebabnya diketahui dari dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan terapi atau obat-obatan misalnya obat diberikan untuk pengobatan anemia, hipertensi atau kolesterol tinggi.

Baca juga :   Wanita Muda Bisa Juga Terkena Osteoporosis

Untuk pemasukan (intake) dan pengeluaran (output) seseorang yang mengalami kegagalan fungsi ginjal sangat perlu dimonitor, sehingga dapat dilakukan dengan baik pengobatan dan tindakannya. Bila ada kasus yang serius, maka pasien akan disarankan atau diberikan tindakan pencucian darah. Tindakan pencangkokan ginjal atau transplantasi ginjal untuk kemungkinan lainnya.

Tindakan Pencegahan Terserang Penyakit Ginjal

Walaupun kondisi Anda sekarang dalam keadaan sehat, ada baiknya Anda periksakan diri ke dokter untuk memastikan kesehatan Anda. Sedangkan untuk mereka yang telah dinyatakan mengalami gangguan ginjal sebaiknya melakukan kontrol secara periodik, berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan seperti obat rematik, apabila terinfeksi segera diobati, hindari kekurangan cairan (muntaber). Semoga artikel ini berguna.terimaksih

 




loading...

Artikel terkait Penyakit Gagal Ginjal