Home » Tips Sehat » Penyakit Darah Tinggi atau Hipertensi

Penyakit Darah Tinggi atau Hipertensi



Penyakit Darah Tinggi

Penyakit Darah Tinggi

Bagi penderitanya sakit darah tinggi sangat ditakuti karena penyakit darah tinggi ini bisa membahayakan nyawa seseorang. Bagaimana kita mencari solusi yang aman dan tidak ada efek samping untuk pengobatan darah tinggi yang permanen? Sama saja mencari obat yang alami untuk penyakit darah tinggi Anda. berikut ini akan saya jelaskan tentang penyakit darah tinggi.

Sakit Darah Tinggi

Sakit darah tinggi, di dalam arteri terjadi suatu peningkatan tekanan darah abnormal. Akan didapat dua angka pada pemeriksaan tekanan darah. Pada saat jantung berkontraksi (sistolik), angka yang lebih tinggi akan diperoleh, sedangkan pada saat jantung berelaksasi (diastolik) akan didapat angka yang rendah.

Penulisan tekanan darah ditulis dengan tekanan sistolik garis miring tekanan diastolik, contohnya 120/80 mmHg dapat dibaca seratus dua puluh per delapan puluh. Jika pada saat duduk tekanan sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih maka dapat dikatakan mengalami tekanan darah tinggi dan tekanan diastoliknya mencapai 90 mmHg bahkan lebih.

Biasanya terjadi kenaikan tekanan sistolik dan diastolik pada tekanan darah tinggi. Hipertensi yang sering ditemukan pada usia lanjut adalah hipertensi sistolik terisolasi, pada hipertensi ini tekanan sistoliknya bisa mencapai 140 mmHg atau lebih tapi untuk tekanan diastoliknya kurang dari 90 mmHg dan dapat dikatakan tekanan diastoliknya masih dalam keadaan normal.

Baca juga :   Tips Menggoreng Makanan yang Sehat

Tekanan darah setiap orang akan mengalami peningkatan seiring dengan berjalannya atau bertambahnya usia. Sampai usia 80 tahun biasanya tekanan sistolik akan terus mengalami peningkatan dan sampai usia 55-60 tahun tekanan diastoliknya akan terus meningkat, tapi kemudian secara pelan akan mengalami penurunan secara drastis atau berkurang.

Penyebab Darah Tinggi atau Hipertensi

Peningkatan tekanan darah seseorang juga dapat disebabkan konsumsi obat secara terus menerus, seperti penggunaan obat-obatan golongan kortikosteroid (cortison), beberapa obat radang dan obat hormon. Aktivitas merokok sangat tidak baik karena dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi, penyebabnya adalah nikotin yang terdapat dalam rokok. Salah satu faktor lainnya adalah konsumsi alkohol yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Di atas adalah beberapa contoh kecil dari penyebab terjadinya darah tinggi, berikut ini ada beberapa sebab tekanan darah tinggi yang dapat Anda kendalikan dan ada juga yang tidak dapat dikendalikan :

  • Keturunan

Faktor dari keturunan ini tidak dapat Anda kendalikan. Kemungkinan yang lebih besar dapat terjadi adalah dari mereka yang mempunyai orang tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi. Hasil statistik  menunjukan bahwa pada kembar identik mempunyai masalah tekanan darah yang lebih tinggi daripada yang kembar tidak identik. Ditunjukkan dalam sebuah studi bahwa untuk masalah tekanan darah tinggi ada bukti gen yang diturunkan.

  • Usia
Baca juga :   Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

Faktor usia ini juga tidak bisa dikendalikan. Dari hasil penelitian bahwa semakin bertambahnya usia seseorang maka tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat berharap untuk tekanan darah Anda pada saat muda akan sama dengan ketika Anda bertambah tua.

  • Garam

Faktor ini dapat dikendalikan. Pada beberapa orang garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat, khususnya untuk orang yang menderita diabetes, usia lanjut, orang yang berkulit hitam, penderita hipertesi ringan.

  • Kolesterol

Faktor ini dapat dikendalikan. Timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah disebabkan karena kandungan lemak yang berlebih dalam darah Anda. Hal tersebut akan membuat pembuluh darah menyempit dan berakibat meningkatnya tekanan darah.

  • Obesitas atau Kegemukan

Faktor kegemukan dapat dikendalikan. Berat badan sebaiknya jangan diatas 30% berat badan ideal karena memungkinkan lebih besar terkena tekanan darah tinggi.

 




loading...

Artikel terkait Penyakit Darah Tinggi atau Hipertensi