Home » Makanan dan Minuman » Tips Sehat » Pentingnya Sarapan Pagi Untuk Memulai Hari

Pentingnya Sarapan Pagi Untuk Memulai Hari



makan pagiPernahkah anda bangun di pagi hari dan memulai aktifitas tanpa sarapan lebih dahulu? Atau bahkan anda memang tipe orang yang sibuk dengan pekerjaan sehingga anda lupa sarapan pagi disaat berangkat kerja karena tuntutan waktu? Sebenarnya hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan mulai dari sekarang karena manfaat sarapan pagi tidak akan kita dapatkan dan dampak buruk ketika kita tidak sarapan malah merusak kelancaran aktifitas anda di pagi dan siang hari.

Sarapan adalah aktifitas makan di pagi hari guna untuk memberikan asupan gizi dan penambah stamina yang cukup selama di waktu tersebut, karena disaat kita tidur pada malam hari tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman sehingga kadar gula yang ada didalam tubuh kita menurun. Padahal selama tidur, tubuh kita tetap bekerja seperti mengeluarkan keringat, bernafat, dan bergerak walaupun tidak terlalu banyak sehingga secara otomatis tenaga pun ikut terkuras.

Jika kita tidak sarapan di pagi hari dan langsung memulai aktifitas seperti biasa, maka dampak buruknya yang pertama adalah anda akan merasa lesu, berkurangnya konsentrasi dan menurunnya produktifitas karena tubuh sudah kekurangan gula dan energi pun tidak terlalu banyak.

Perut yang kelaparan juga membuat anda sanggup mengkonsumsi makanan pada siang hari jauh lebih banyak, hal tersebut berdampak pada kesehatan pola makan anda dan mengakibatkan obesitas bila berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Jika ingin mendapatkan tubuh ideal, banyak para ahli yang menyarankan untuk sarapan bergizi setiap pagi dengan kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup.

Sarapan pagi penting karena tubuh anda akan mendapatkan asupan energi dan gizi yang baik serta semangat untuk memulai aktifitas sehari-hari seperti sekolah, bekerja, dan lain sebagainya. Secara emosional, sarapan memberikan pengaruh yang baik bagi keharmonisan keluarga dimana setiap sarapan keluarga akan berkumpul bersama-sama menikmati santapan pagi dan bercengkrama. Sarapan yang teratur dan sesuai dengan pola hidup sehat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh.

Sarapan yang baik adalah sarapan yang memiliki menu makanan yang sehat dan tercukupi gizinya. Jus buah, buah-buahan segar, nasi, telur, roti gandum dan susu adalah pilihan sarapan pagi yang baik untuk mengganjal perut sampai siang nanti.

Jika anda terpaksa harus membeli makanan di luar, maka usahakan belilah makanan di tempat yang bersih dan pilihlah makanan yang bergizi dan menyehatkan. Pastikan kemasan makanan tertutup dengan rapi agar tidak dihinggapi oleh lalat yang membawa bibit penyakit.

Mulailah dari sejak dini membiasakan sarapan agar anda memiliki stamina yang cukup untuk memulai hari-hari dengan hidup sehat.




loading...

Artikel terkait Pentingnya Sarapan Pagi Untuk Memulai Hari