Home » Penyakit dan Terapi » Pengobatan Tradisional Bisul

Pengobatan Tradisional Bisul



Pengobatan Tradisional Bisul

Pengobatan Tradisional Bisul

Hai kawan, pernah terkena bisul tidak??? Kalau bisa jangan sampai yah soalnya penyakit yang satu ini walau cuma satu bisa buat kita demam dan yang jelas tidak ada rasa yang enak saat terkena. Tumbuhnya sendiri terkadang di daerah yang sensitif seperti di bokong.

Bisul atau Furunkel adalah terjadinya infeksi atau peradangan pada folikel rambut dan menyebar di jaringan kulit. Penyebab dari timbulnya bisul biasanya dari bakteri gram positif seperti streptococcus atau staphylococcus. Biasanya bakteri ini bergerombol seperti sekumpulan anggur dan berbentuk bulat.

Terjadinya bisul karena:

Alergi terhadap makan-makanan yang banyak mengandung protein tinggi seperti: telur, ayam dan masih banyak lagi. Yang paling sering dan utama dikarenakan menurunnya daya tahan tubuh dan kurang terjaganya kesehatan kulit seperti tidak mandi , mandi dengan air dan handuk yang kotor, menggaruk kulit dengan menggunakan kuku yang kotor dan memakai pakaian kotor.

Gejala bisul dan obatnya

Bisul dibagi menjadi beberapa stadium, untuk pengobatannya pun disesuaikan dengan stadiumnya.

1. Stadium 1

Kulit terasa hangat, terdapat sedikit benjolan dan bila ditekan tidak terlalu sakit.

Pengobatan secara tradisional :

– Injet (rendam gamping) dengan gula aren, untuk perbandingannya 1:1. Kemudian tambahkan air secukupnya dan oleskan ke bisul.

– Parut bawang putih dan kentang dan tempelkan ke bisul.

– Daun pohon ungu ditumbuk dan ditempelkan pada bisul atau bakar daun yang telah diolesi minyak lalu tempelkan ke bisul.

– Daun bawang putih ditumbuk halus kemudian tempelkan ke bisul.

2. Stadium 2

Kulit berasa hangat, benjolan bisul yang timbul mulai terasa sakit dan bila ditekan terasa sakit, di badan mulai terasa pegal-pegal.

Pengobatan tradisionalnya sama dengan stadium

3. Stadium 3

Kulit terasa hangat panas, benjolan besar yang timbul mulai ada bintil atau bahkan taka da bintil sama sekali. Di sekitar area bisul terasa sakit. Terjadi demam dan pegal-pegal.

Jika sudah besar sebaiknya jangan menggunakan obat tradisional tetapi antibiotik dan salep. Pada stadium 3 bisul besar bisa sembuh jika mata bisul dikeluarkan. Mata bisul dapat dikeluarkan jika sudah benar-benar besar dan untuk mempercepat pembesaran dapat menggunakan ichtiyol dengan cara dioleskan pada bisul.

 




loading...

Artikel terkait Pengobatan Tradisional Bisul