Pengobatan Sakit Telinga Dari Obat Rumahan



Apakah Anda pernah merasakan dan terserang sakit telinga? Apa pun yang menjadi penyebabnya, sakit telinga jelas akan menjadi sesuatu yang dapat mengganggu aktifitas Anda. Masalahnya adalah infeksi jamur yang ada ditelinga yang dapat menyebabkan sakit yang tak terhingga dan menimbulkan rasa gatal. Terutama hal ini terjadi di daerah yang beriklim lembab.

Untuk mengobati sakit telinga biasanya dokter sudah meresepkan antibiotik dan obat tetes, namun untuk meredakan masalah ini ada beberapa cara yang bisa dicoba. Anda dapat menggunakan beberapa obat rumahan untuk menyembuhkan sakit telinga

Penyebab sakit kepala bisa dikarenakan air masuk ke telinga, infeksi dan flu. Dalam beberapa jam obat-obatan rumah dapat membantu untuk meredakan sakit telinga. Anda dapat mencoba salah satu dari beberapa cara berikut. Siapa tahu ada yang sesuai dengan jenis sakit telinga Anda.

1. Hidrogen Perioksida

Anda bisa membeli atau mendapatkan di apotek. Jangan lupa untuk menanyakan kepada apoteker berapa dosis yang aman untuk Anda serta jenis hydrogen perioksida yang cocok buat mengobati sakit telinga. Beberapa tetes saja sudah dapat meredakan sakit telinga.

2. Jus Bawang Bombai

Jus bawang bombai merupakan salah satu obat yang alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan infeksi telinga. Untuk menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan infeksi telinga cukup teteskan dua atau tiga tetes saja sudah cukup.

Baca juga :   Penyebab, Jenis, Dan Pengobatan Psosiaris

3. Minyak Wijen dan Jus Mangga

Situs Yukozimo menuliskan bahwa jus mangga mempunyai fungsi untuk menghilagkan rasa sakit pada telinga. Namun sangat disayangkan untuk takaran dosisnya tidak disebutkan. Bisa jadi pemakaian jus mangga ini tidak sekental seperti jenis minuman. Teteskan 2 sampai 3 tetes saja sudah cukup meredakan sakit telinga.

4. Kemasukan air? Teteskan Air

Tersumbatnya telinga karena kemasukan air bila dibiarkan dapat menyebabkan rasa sakit. Teteskan sedikit air ke dalam telinga, biarkan beberapa detik di dalam telinga  dengan posisi kepala dimiringkan supaya air tetap berada di dalam telinga. Kemudian setelah telinga terasa hangat, keluarkan kembali air dengan cara miringkan kepala dengan posisi berlawanan. Cara ini biasanya akan efektif untuk mengeluarkan air dari dalam telinga.

5. Penggunaan Kain Hangat untuk Mengompres

Memang cara ini terlihat sederhana, kompres berguna untuk melancarkan sirkulasi yang dapat melegakan telinga di area rasa sakit. Kain yang akan digunakan mengkompres juga dapat direndam dengan air garam hangat. Air garam disini berfungsi untuk meredakan peradangan yang menjadi penyebab sakit telinga.

Baca juga :   Gejala dan Pengobatan Demam Tifoid

6. Vitamin C

Sakit telinga yang disebabkan infeksi dapat disembuhkan dengan satu dosis vitamin C. Fungsi lain dari vitamin C adalah menambah sistem kekebalan tubuh.

Berikut ada beberapa tips sederhana dalam mengatasi sakit telinga yang telah diurutkan oleh situs Times of India.

Cara yang pertama, teteskan minyak zaitun secukupnya ke telinga yang terasa sakit dan gatal. Lalu, gunakanlah kapas untuk mengoleskan tetesan minyak itu. Kemudian gunakanlah air hangat untuk mengompres bagian telinga yang terasa sakit.

Cara yang kedua, beri sedikit tetesan minyak kayu putih pada air rebusan dan pada saat hampir mendidih hirup uap air rebusan. Sebaiknya dalam sehari lakukan tiga kali. Lanjutkan pengobatan dengan mengoleskan bubuk bawang merah pada bagian luar telinga.

Jangan langsung meniup hidung atau memakai obat penghilang rasa sakit. Alirkanlah hawa hangat dengan cara ditiup dari pengering rambut ke dalam telinga karena dapat membantu. Namun untuk langkah ini sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Semoga saja cara yang ada di atas dapat sesuai dengan jenis sakit telinga Anda.

sumber : kompas




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *