Home » Penyakit dan Terapi » Pengobatan Gangguan Tidur Apnea

Pengobatan Gangguan Tidur Apnea



Gangguan Tidur ApneaGangguan tidur apnea adalah salah satu gangguan tidur yang menyebabkan si penderita sulit bernafas pada malam hari. Jika Anda telah terdiagnosis memiliki gangguan tidur apnea, pengobatan adalah hal mutlak yang harus Anda lakukan.  Ada beberapa cara untuk menyembuhkan gangguan tidur apnea, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menghilangkan Berat Badan Berlebih

Salah satu penyebab gangguan tidur apnea adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Jika berat badan Anda berlebih, dan Anda memiliki gangguan tidur apnea, segeralah untuk melakukan program pengurangan berat badan. Yang harus menjadi bahan pertimbangan Anda adalah jika berat badan Anda berlebih, tentunya akan menyebabkan jalannya nafas menjadi sempit, dan akan menyebabkan gangguan tidur apnea. Program pengurusan yang bisa dilakukan semisal berolahraga teratur atau melakukan diet.

2. Posisi Tidur

Jika Anda memiliki gangguan tidur apnea atau mendengkur, mungkin saat sedang tidur, posisinya Anda salah. Jika ini terjadi pada Anda, cara yang tepat adalah merubah posisi tidur Anda. Caranya sangat sederhana, hanya dengan menopang tubuh Anda dengan beberapa bantal. Letakkan beberapa bantal Anda dan tumpuk, kemudian letakkan kepala Anda ke bantal tersebut. Karena posisi kepala yang lebih tinggi, mungkin akan membantu anda untuk mengurangi kemungkinana Anda terkena gangguan tidur apnea. Banyak kasus gangguan tidur apnea memilih cara ini, dan hasilnya intensitas gangguannya menurun.

Baca juga :   Waspadai Penyakit Katarak

3. Alat Oral Berupa Perangkat Mandibula

Ada peralatan yang bisa membantu untuk mengurangi gangguan tidur apnea. Alat ini dirancang untuk membantu memperbaiki masalah yang berhubungan dengan anatomi. Jika Anda memiliki rahang yang pendek atau tersembunyi, perangkat mandibula ini bisa digunakan, untuk membuat posisi rahang lebih baik. Peralatan ini bisa Anda dapatkan dan dipasang ke dokter gigi terdekat. Anda dapat gunakan alat ini pada malam hari, dan dari banyak kasus, alat ini terbukti baik mengobati apnea.

4. Hindari Untuk Konsumsi Alkohol  dan Obat Penenang

Konsumsi alkohol atau obat penenang, dapat mengakibatkan otot saluran udara bagian atas menjadi mengendur, dan hal tiu bisa menyebabkan gangguan tidur apnea. Kalau Anda ingin sembuh dari gangguan ini, tentunya Anda harus menghindari konsumsi kedua jenis bahan tadi. Selain itu, untuk menghindari resiko terkena gangguan tidur apnea, Anda juga harus menghindari obat nyeri narkotik atau pil tidur.

5. Operasi

Jalan terakhir untuk menghilangkan gangguan tidur apnea adalah operasi. Banyak jenis operasi yang bisa dilakukan. Dan salah satu operasi yang biasa dilakukan untuk pengobatan gangguan ini adalah uvulopalatopharyngoplasty (UPPP). UPPP ini merupakan operasi pengangkatan jaringan berlebih yang terdapat pada saluran napas bagian atas, yang diantaranya bagian belakang mulut dan tenggorokan. Dan operasi yang lain adalah trakeostomi, yang biasanya dilakukan dengan pengangkatan jaringan berlebih di bagian depan tenggorokan, atau mengangkat amandel serta kelenjar gondok atau bisa juga operasi rahang. Tonsilektomi ini biasanya dilakukan untuk pengobatan pertama pada anak yang mengidap gangguan ini.

Baca juga :   Pencegahan dan Pengobatan Sakit Kepala Biasa



loading...

Artikel terkait Pengobatan Gangguan Tidur Apnea