Home » Penyakit dan Terapi » Pengobatan Akupuntur untuk Mengatasi Nyeri Kepala

Pengobatan Akupuntur untuk Mengatasi Nyeri Kepala



Bila nyeri kepala sering Anda derita dan tidak dapat di deteksi kelainannya oleh dokter, bisa jadi nyeri kepala yang Anda derita adalah nyeri kepala primer. Sebagian besar, kedatangan pasien adalah untuk mengeluhkan nyeri kepala primer yang di derita, dari data yang ada menunjukkan 95% dari jumlah pasien yang ada telah mengalami nyeri kepala. Nyeri kepala primer yang di derita tidak disebabkan oleh tumor atau beberapa masalah medis lain yang serius.

Ilmu pengobatan tradisional dari tiongkok mengatakan bahwa, yang menyebabkan rasa nyeri pada kepala biasanya berhubungan dengan beberapa faktor psikis, atau adanya kerja berat dan faktor emosi. Nyeri kepala juga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kesalahan dalam pola makan, aktivitas seksual yang tidak normal, jarak melahirkan yang terlalu dekat, faktor keturunan.

Menurut Michael Fang, selaku ahli akupuntur yang berasal dari Tirtayu Healing Center Jakarta, mengatakan â??Nyeri yang timbul pada dasarnya disebabkan akibat adanya aliran energi atau chi yang tidak lancar. Karena itu seringkali ditemukan orang yang tetap merasakan nyeri meski hasil rontgen dan pemeriksaan medis menunjukkan tidak adanya masalah. Ini terjadi ketika organ tubuh yang secara materi bagus tapi fungsinya jelek.â?

Memanfaatkan akupuntur untuk kesehatan tidak hanya untuk mengatasi gejala dengan menembakan secara langsung pada bagian yang terasa nyeri atau keluhan pada gejala lain. â??Penanganannya berprinsip pada keseimbangan yin dan yang. Teknik akupuntur ini bertujuan untuk menyeimbangkan sirkulasi chi,â? ujar Michael.

Menurut pengobatan akupuntur, masing-masing organ tubuh mempunyai pasangannya masing-masing, yaitu organ padat dengan organ berongga, contohnya organ liver pasangannya kantung empedu, organ ginjal pasangannya kandung kemih, jantung pasangannya usus kecil, paru pasangannya usus besar, dan limpa pasangannya lambung.

â??Beban kerja fisik dapat melukai energi organ limpa dan yin ginjal. Kekurangan yin ginjal bisa menyebabkan sakit kepala menyeluruh yang akhirnya berkembang menjadi migren di sepanjang meridien kandung empedu,â?kata Michael sambil mencontohkan.

Sebagai contohnya, terjadi pada kegiatan seksual yang dilakukan secara tidak wajar atau berlebihan, ginjal akan kesulitan untuk memproduksi sperma karena ginjal tidak mempunyai waktu dan energi yang cukup untuk memproduksinya, akibatnya sendiri membuat organ liver menjadi kelelahan yang dapat menimbulkan sakit kepala.

Menurut Michael, pada saat melakukan pengobatan akupuntur pada penderita yang mengalami nyeri dibagian dahi kepala, pengobatan akupunturnya tidak akan menusukan jarum pada dahi melainkan pada bagian di daerah kaki. â??Pada dasarnya semua jalur akupuntur akan melewati kepala sehingga kebanyakan terapi akupuntur tidak ditusukkan di kepala,â? tambahnya.

Pengobatan akupuntur akan dilakukan dalam sekali seri yang dalam sekali seri terdapat 12 kali kunjungan. Tetapi banyak pasien yang tidak menuntaskan pengobatannya dalam satu kali seri, alasannya adalah sudah merasa segala keluhannya hilang.

Hani seorang penderita vertigo menuturkan, bahwa pengobatan akupuntur yang dilakukannya tidak sampai tuntas dikarenakan sudah merasa penyakit yang di derita sudah sembuh. Sebelumnya pernah melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi obat medis tapi tidak ada perbaikan yang terlihat. â??Setelah 2 minggu melakukan akupuntur sekarang vertigo saya tidak pernah kumat. Beberapa keluhan lain juga menghilang,â? kata Hani.

Michael menjelaskan, nyeri kepala biasanya diikuti gejala lain dan tidak hanya dipicu oleh satu hal. Ia menemukan kasus yang dialami oleh Hani, bahwa organ livernya sudah terganggu yang berakibat munculnya keluhan pada nyeri haid.

Anjuran yang diberikan Michael, supaya penyembuhan dapat optimal, sebaiknya gunakanlah obat herbal China untuk dikonsumsi. â??Kombinasi akupuntur dan obat herbal sangat baik,â? ujarnya. Walau begitu, pengobatan akupuntur ini, belum dapat digunakan untuk mengatasi semua jenis penyakit nyeri kepala, jelas Michael.

â??Penyakit tumor di kepala, perdarahan atau infeksi tidak bisa diatasi dengan akupuntur, harus tetap menjalani pengobatan medis. Yang bisa disembuhkan adalah penyakit yang lebih banyak disebabkan faktor psikis atau stres,â? tambah Michael.




loading...

Artikel terkait Pengobatan Akupuntur untuk Mengatasi Nyeri Kepala

akupuntur kepala. akupuntur untuk sakit kepala. akupunktur sakit kepala. terapi puntur kepala. akupuntur buat sakit kepala. akupuntur sakit kepala. akupuntur terapi.