Pencegahan Penyakit Sinusitis



Pencegahan Penyakit Sinusitis
Pencegahan Penyakit Sinusitis

Apa yang dimaksud dengan penyakit sinusitis? Yang dimaksud dengan penyakit sinusitis yaitu penyakit peradangan yang terjadi disekitar rongga sinus. Penyebab Penyakit sinusitis biasanya karena alergi terhadap debu, sari bunga ataupun karena protein-protein tertentu. Penyebab lain dari sinusitis bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, masuknya bahan kimia ke rongga hidung atau yang paling sering karena infeksi gigi rahang atas yang menjalar ke rongga hidung.

Ada empat sinus yang terdapat di sekitar rongga hidung yaitu sinus maksilaris yang terletak di sekitar pipi, sinus etmoidalis yang terletak di kedua mata, sinus frontalis yang terletak di dahi, serta sinus sfenoidalis yang terletak di belakang dahi.

Pemeriksaan fisik dan wawancara oleh dokter sudah dapat memastikan adanya radang sinus. Akan tetapi lebih akurat untuk melakukan pemeriksaan penunjang dengan menggunakan MRI dan CT scan untuk diagnosis dan menilai perkembangan penyakit, namun biayanya relatif lebih mahal. Tanda secara fisik penyakit sinusitis dapat dilihat dari pembengkakan pada hidung yang relatif berwarna kemerahan. Di sekitar dahi dan mata juga terjadi pembengkakan, dari hidung sering mengeluarkan ingus berbau dan sakit kepala.

Baca juga :   Bagaimana Menjaga Supaya Amandel Tetap Sehat?

Jarang sekali penyakit sinusitis ini menyebabkan komplikasi serius. Hanya saja apabila infeksi yang terjadi pada rongga sinus menyebar ke otak dan akan membahayakan jiwa, hal ini yang menjadi kemungkinan paling berat. Penyakit ini akan sembuh seperti sediakala apabila dapat dideteksi sejak awal dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Pemeriksaan ke dokter merupakan jalan terbaik untuk memastikan atau mendeteksi sejak dini penyakit sinusitis.

Penyakit sinusitis secara klinis dibagi menjadi :

  1. Sinusitis akut
  2. Sinusitis subakut
  3. Sinusitis kronis

Penyakit sinusitis berdasarkan penyebabnya dibedakan menjadi:

  1. Rhinogenik, penyebabnya kelainan atau masalah di hidung, yang dapat menyebabkan sinusitis adalah segala sumbatan pada hidung dan kerusakan silia (rambut halus untuk transportasi lendir) di dalam rongga sinus.
  2. Dentogenik/Odontogenik, disebabkan karena kelainan gigi.

Cara Mengurangi Gejala Penyakit Sinusitis

Konsumsi makanan bergizi dan meminum air putih diperbanyak. Untuk mengatasi gejala sinusitis dapat dilakukan dengan cara menghirup udara segar yang kaya akan oksigen. Pada cuaca yang kurang bersahabat jangan melakukan aktivitas secara berlebihan. Untuk meminimalisir gejala penyakit sinusitis dapat dilakukan dengan asupan vitamin yang berfungsi untuk memperkaya sistem imun pada tubuh.

Baca juga :   Penyakit Lupus - Munculnya Bercak Merah Di Wajah

Jika dikarenakan alergi sebaiknya sebisa mungkin menghindari alergen tersebut. perkuat sistem imun tubuh dengan makanan bergizi dan olahraga.

Sinusitis terjadi pada area sekitar wajah sehingga mempersulit beraktifitas dan gejala dari sinusitis dapat membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Jika dapat mengatur pola hidup sehat maka gejala ini sedikit demi sedikit akan hilang.




loading...