Pencegahan Penyakit Jantung Untuk Wanita



pencegahan penyakit jantung untuk wanita Selain kanker payudara dan rahim, penyebab kematian pada wanita yang paling umum lainnya adalah penyakit jantung. Namun, banyak wanita yang belum menyadari bahwa penyakit jantung itu juga merupakan salah satu penyebab umum yang bisa menyebabkan kematian. Bahkan di negara-negara maju misal di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa hanya 13 % saja yang menyadari hal tersebut. Banyak wanita yang kehilangan hidupnya setiap tahun karena penyakit ini. Penyakit jantung ini biasanya diderita oleh wanita yang sudah dewasa, namun dari beberapa kasus yang khusus, anak muda juga bisa terkena.

Sebelum Anda terserang penyakit ini, alangkah baiknya para wanita melakukan tindakan pencegahan. Hal ini sangat mudah dilakukan dan sangat sederhana. Dan berikut adalah beberapa tips pencegahan penyakit jantung untuk wanita yang bisa dilakukan:

1. Jangan Merokok

Diingatkan untuk semua wanita yang ingin terhindar dari penyakit jantung, hindari merokok. Dan apabila sudah terlanjur menjadi kecanduan, bisa dihentikan dari sekarang. Merokok itu merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit jantung, atau bisa menimbulkan penyakit lainnya, misal tekanan darah tinggi atau hipertensi. Nah, sekarang apakah dari Anda menginginkan penyakit ini? tentunya tidak. Dan maka dari sekarang, jauhi dan jangan merokok.

Baca juga :   Tips Memilih Bra yang Sehat

2. Melakukan latihan atau olahraga

Anda bisa melakukan latihan atau olahraga untuk membuat jantung Anda sehat. Caranya sederhana dan sangat mudah, hanya dengan sedikitnya 30 menit untuk melakukan suatu olahraga. Misal saja berjalan atau melakukan kegiatan aerobik. Dan jika latihan yang digunakan terlalu berat, Anda bisa memulai dengan waktu 5 sampai 15 menit saja. Olahraga sangat penting untuk kesehatan jantung.

3. Selalu Mengontrol Dan Memantau Tekanan Darah

Saat Anda memiliki tekanan darah yang tinggi, saat memulai aktivitas atau rutinitas sehari-hari, Anda harus selalu mengontrol atau memantau tekanan darah tinggi Anda. Hal ini penting karena tekanan darah tinggi yang berlebihan dapat membuat sakit jantung tambah parah bagi yang menderita, atau bisa juga bagi yang belum menderita bisa terkena penyakit ini. Selalu kontrol minimal setiap bulan atau saat sedang datang ke dokter pribadi Anda.

4. Makan Makanan Sehat Dan Menjaga Berat Badan

Konsumsi makanan sehat, dan menjaga berat badan, dapat membuat tubuh Anda terhindar dari serangan penyakit jantung. Konsumsi makanan diet sehat seperti konsumsi buah segar, sayuran segar, daging tanpa lemak, biji-bijian, dan susu. Keseluruhan ini merupakan bagian penting untuk seseorang terhindar dari penyakit jantung. Untuk yang sering konsumsi alkohol, bisa mengurangi konsumsinya dengan hanya satu gelas kecil per hari atau jika tidak sama sekali itu sangat baik.

Baca juga :   Smash Kolesterol Dan Penyakit Lain Dengan Bermain Bulutangkis

Setelah mengetahui keempat langkah yang telah dijelaskan di atas dan menjalankannya, risiko terkena penyakit jantung akan menurun. Manfaat lain yang bisa diambil dari keempat langkah tadi adalah Anda akan terhindar dari penyakit lain seperti diabetes, dan berbagai jenis kanker.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *