Home » Wanita » Pada Saat Haid Wanita Lebih Rentan untuk Sakit

Pada Saat Haid Wanita Lebih Rentan untuk Sakit



Wanita lebih rentan terkena sakit ketika mengalami masa menstruasi, yaitu pada saat dilepaskannya sel telur dari Rahim atau proses evolusi. Terjadinya kondisi tersebut disebabkan karena selama ovulasi kadar estrogen terlalu tinggi sehingga menyebabkan aktivitas molekul menjadi turun, padahal aktivitas molekul ini mempunyai peran sebagai sistem imunitas tubuh.

Penelitian yang dilakukan di Spanyol telah menemukan petunjuk tersebut. Selama proses evolusi, kemungkinan seorang wanita untuk hamil sangat besar karena akan terjadinya proses ovarium melepaskan sel telur, nutrisi memenuhi Rahim, dan kadar estrogen terlalu tinggi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ini dapat menyebabkan wanita lebih rentan terinfeksi beberapa bakteri dan terserang kuman seperti HIV, HPV (Human Papiloma Virus) dan Herpes.

Menurut seorang peneliti dari Compultense University di Madrid, Miguel Relloso bahwa, â??Mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh akan memungkinkan sperma bisa bertahan hidup dalam saluran reproduksi wanita, dan memungkinkan bagi seorang wanita untuk hamil. Tapi pada saat yang sama, juga memungkinkan kuman penyakit menginfeksi wanita.â?

Baca juga :   Tips Kesehatan Kulit

Temuan tersebut sudah diterbitkan dalam Journal of Leukocyte Biology, hasil temuan tersebut menyatakan bahwa selama ovulasi seorang wanita akan rentan terkena infeksi. Aktivitas sistem imun menjadi menurun karena hormon estrogen yang menyebabkan tidak mampu melawan virus dan bakteri dari kuman penyakit atau pathogen.

Selain itu, para ilmuwan juga berusaha mempelajari hewan tikus untuk mengetahui perubahan pada sistem kekebalan tubuh pada saat kadar estrogen tinggi. Peneliti akan menguji tikus betina yang diberi hormone estrogen untuk mengetahui seberapa rentannya pada saat diberi infeksi Candida albicans, ini merupakan jenis jamur yang dapat menimbulkan infeksi kelamin.

Dugaan dari para peneliti ternyata terbukti, bahwa tikus yang sudah diberi estrogen akan lebih rentan terkena infeksi daripada tikus yang belum diberi. Sel-sel yang dapat menimbulkan produksi molekul  sistem imunitas akan diikat oleh estrogen dan setelah itu menahannya.

â??Hormon seks juga mungkin berperan penting dalam gangguan sistem kekebalan tubuh. Wanita lebih rentan terhadap penyakit sistem kekebalan tubuh. Awalnya kami berpikir mungkin estrogen lah yang menyebabkan peradangan,â? ujar Susan Kovats dari Oklahoma Medical Research Foundation.

Baca juga :   Tips Cara Menyegarkan Wajah Secara Alami Mengunakan Masker

Sangatlah penting untuk mengetahui dan memahami bagaimana sistem imunitas dapat dipengaruhi oleh hormon estrogen, hal ini menjadi penting supaya kita dapat mengembangkan serta mencari cara-cara baru yang tepat untuk melawan infeksi, contohnya ciptakanlah sebuah obat yang dapat menghambat HIV, sehingga wanita akan lebih tahan dengan serangan HIV.




loading...

Artikel terkait Pada Saat Haid Wanita Lebih Rentan untuk Sakit

www daya tahan tubuh saat menstruasi. apakah saat wanita menstruasi kekebalan tubuhnya menurun?. badan drop saat haid. cara meningkatkan daya tahan tubuh waktu haid. cara menjaga kekebalan tubuh disaat sedang menstruasi. daya tahan tubuh men. kekebalan tubuh saat haid.