Home » Tips Sehat » Olahraga untuk yang Duduk Berjam-jam di Depan Komputer

Olahraga untuk yang Duduk Berjam-jam di Depan Komputer



Untuk kebanyakan pekerja kantoran, yang terpaku pada meja mereka sambil mengetik di komputer mereka untuk rata-rata 10 jam sehari sudah menjadi bagian dari rutinitas normal mereka. Namun, duduk di depan komputer sepanjang hari mungkin tidak baik bagi tubuh, karena dapat menimbulkan sakit punggung akibat postur tubuh yang buruk, ketegangan mata, dan banyak efek buruk lainnya.

Berada di meja kerja tidak harus mengorbankan kesehatan Anda. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang harus berada di meja sepanjang hari, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ikuti untuk memperbaiki postur tubuh dan menjaga kesehatan.

Duduk telah terbukti memiliki efek merugikan pada kesehatan karyawan jadi segala sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk tetap aktif sangat penting untuk kebaikan jangka panjang.

1. Duduklah dalam posisi yang ideal yakni posisi monitor sedikit lebih rendah dari mata. Untuk menghindari rasa sakit dan tengang pada tangan (carpal tunel sindrom) perhatikan gambar dibawah ini

Carpal Tunnel Syndrome

2. Gerakan tangan, bahu, dada, leher, perut dan kaki setiap maksimal 1 jam untuk menghindari, kaku, pegal-pegal dan melancarkan peredaran darah.

3. Mata juga membutuhkan istirahat. Alihkan pandangan ke obyek yang lebih jauh setiap ½ jam sekali untuk menghindari eye strain.

4. Cobalah sesering mungkin berdiri. Berjalan merupakan hal yang sederhana tetapi saat anda diharuskan duduk berjam-jam didepan komputer atau didepan tumpukan kertas kerja, berdiri dan berjalan sangat bermanfaat untuk memperbaki postur dan menghindari ambeien. Berjalan juga bisa mengurangi stres.

5. Ambil napas dalam-dalam. Setiap ½ jam atau 1 jam ambil nafas dalam beberapa kali untuk melatih otot perut, dada dan meningkatkan oksigen yang masuk kedalam tubuh. Caranya ambil nafas dalam pelan-pelan kemudian tahan selama beberapa detik dan keluarkan secara perlahan-lahan. Jika memungkinkan, mencari udara segar dengan berjalan-jalan di luar, seperti yang disebutkan pada langkah sebelumnya.

Perhatian

  • Tubuh Anda butuh latihan lebih dari sekedar apa yang Anda lakukan di depan komputer, jadi jangan pernah berfikir olahraga yang dijelaskan diatas sudah cukup. Olahraga di depan komputer sangat membantu untuk mengurangi kesakitan, tapi perlu diingat bahwa tidak sebagai pengganti untuk mengunjungi gym atau melakukan olahraga lainnya.
  • Ketika otot-otot tetap diam, sirkulasi berkurang, otot tegang karena stress, dan tugas menjadi lebih tidak nyaman untuk melakukan pekerjaan.
  • Kebiasaan postur tubuh yang salah komputer dikombinasikan dengan jangka panjang duduk diam dapat menyebabkan masalah medis dikenal sebagai gangguan trauma kumulatif (CTD) atau cedera stres yang berulang (RSI).



loading...

Artikel terkait Olahraga untuk yang Duduk Berjam-jam di Depan Komputer

olahraga kaki akibat banyak duduk. Tips sehat duduk berjam-jam. cara senam unt wanita yg sering duduk. contoh olah raga kecil karena terlalu lama depan monitor. olah raga dengan duduk. olahraga untuk yang sering duduk lama. senam setelah menghadap komputer.