Home » Tips Sehat » Olahraga Pagi Lebih Efektif Apabila Dilakukan Sebelum Sarapan

Olahraga Pagi Lebih Efektif Apabila Dilakukan Sebelum Sarapan



Tidak sempat adalah alasan beberapa orang tidak bisa berolahraga di pagi hari. Waktu yang ideal untuk berolahraga sebenarnya di pagi hari. Untuk menunjukan hasil yang baik, Anda dapat melakukan jalan kaki atau bersepeda sebelum sarapan. Hal tersebut didasarkan hasil studi yang telah diterbitkan dalam The Journal of Physiology.

Dalam uji penelitian tersebut, peneliti melibatkan pria sehat dan aktif berusia 28 tahun. Para peserta yang dilibatkan dalam penelitian tersebut adalah mereka yang memiliki diet sehari-hari yang buruk, yaitu terdiri dari 50 persen lemak dan kalori 30 persen lebih banyak. Di dalam proses penelitian sebagian peserta penelitian tidak berolahraga selama penelitian, sedangkan peserta penelitian lainnya melakukan olahraga selama penelitian.

Kedua kelompok mendapatkan perlakuan yang sama dalam hal latihan sehari-hari. Sebagian peserta berolahraga di luar 4 kali seminggu di pagi hari, seperti bersepeda dan berjalan pada intensitas berat. Pengeluaran energi untuk kedua kelompok sama karena semua latihan diawasi.

Saat sarapan sebelum berolahraga salah satu kelompok makan makanan kaya karbohidrat dan terus mendapat asupan karbohidrat. Sedangkan, untuk kelompok kedua berolahraga tanpa sarapan terlebih dahulu.

Terjadinya peningkatan berat badan untuk kelompok yang tidak melakukan olahraga. Rata-rata peningkatan berat badan sebesar 6 kg dan juga terjadinya pengembangan resistensi insulin. Dalam kelompok tersebut, otot para peserta tidak dapat merespon dengan baik terhadap insulin dan tidak menarik gula atau kelebihan glukosa dari aliran darah secara efisien dan telah mulai menyimpan kelebihan lemak di antara sel-sel otot.

Timbunan kelebihan lemak di antara sel otot dan resistensi insulin adalah kondisi metabolik yang tidak sehat dan merupakan prekursor diabetes. Terjadinya peningkatan berat badan untuk orang-orang yang makan sarapan sebelum berolahraga, meskipun tidak sebanyak pada kelompok pertama.

Kelompok peserta tersebut telah menyimpan sejumlah besar kelebihan lemak dalam otot dan telah menjadi lebih resistan terhadap insulin. Sedangkan untuk kelompok yang tidak melakukan sarapan sebelum olahraga menunjukan peningkatan berat badan yang paling sedikit dan hampir tidak menunjukan tanda-tanda resistensi insulin.

Dapat ditunjukan dalam penelitian tersebut bahwa, olahraga sebelum sarapan dinilai lebih efektif daripada olahraga setelah mengkonsumsi karbohidrat. Buat para pria, melakukan olahraga pagi tanpa sarapan juga membantu menghindari kenaikan berat badan.

Kata Peter Hespel, Ph.D., seorang profesor dari Research Center for Exercise and Health at Catholic University Leuven, Belgia seperti dilansir dari TheNewYorkTimes, Kamis (1/3/2012) yaitu “Dalam penelitian ini, hanya kelompok yang berolahraga tanpa sarapan yang menunjukkan adaptasi metabolik yang menguntungkan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar asam lemak oksidatif,”.

Kesimpulan yang diambil para peneliti yaitu apakah manfaat yang sama akan bertambah jika berolahraga pada kecepatan yang lebih santai dan dalam waktu yang lebih singkat. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan manfaat olahraga yang lebih baik lagi.




loading...

Artikel terkait Olahraga Pagi Lebih Efektif Apabila Dilakukan Sebelum Sarapan

sarapan baik sebelum atau sesudah olahraga.