Home » Penyakit dan Terapi » Obat Jerawat Tradisional

Obat Jerawat Tradisional



Obat jerawat tradisional apa yang ampuh dan mujarab? Tentunya dengan harga yang murah juga. Berikut ini akan dijelaskan beberapa obat jerawat tradisional yang mungkin bisa Anda gunakan. Bagi mereka yang sangat mengutamakan penampilan tentu saja mengatasi jerawat di wajah tentu sangat bikin bete. Mulai dari metode ilmiah sampai ke tradisional banyak yang membahas usaha apa yang digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Sebelum kita mengetahui pengobatan apa saja yang baik untuk jerawat, ada baiknya kita mengetahui penyebab timbulnya jerawat. Berikut beberapa penyebab timbulnya jerawat:

1. Terjadi penyumbatan pada lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.

2. Produksi minyak yang berlebih

3.Adanya faktor keturuan atau genetik

4. Adanya faktor hormonal yaitu ketika seorang anak menginjak remaja (masa puber).

5. terjadinya iritasi kulit.

6. Adanya emotional stress yang sedang dialami.

7. Penggunaan alat kontrasepsi seperti Pil KB.

Usaha untuk mencegah jerawat sering kali gagal atau sudah terlambat, maka banyak sekali yang menggunakan obat jerawat baik tradisional maupun modern untuk mengatasi jerawat. Disarankan jangan sembarangan memilih obat jerawat, akibat dari kesalahan menggunakan obat jerawat dapat mengakibatkan alergi atau bahkan keadaan yang lebih parah. Penggunaan obat jerawat tradisional adalah salah satu solusi aman untuk mengatasi jerawat. Pilihan menggunakan obat tradisional tentunya akan lebih aman dari efek samping dan biaya yang relatif murah.

Berikut adalah cara penanganan pengobatan tradisional untuk jerawat :

1. Selepas aktifitas dari luar sebaiknya mencuci muka, ini adalah obat jerawat yang tidak membutuhkan biaya sama sekali dan sangat mudah dilakukan. Akan lebih baik apabila air yang digunakan hangat kuku dan hanya menggunakan air bersih. Jika Anda ingin menggunakan pembersih, pilihlah pembersih yang kadar PH nya sedikit asam.

2. Mencuci muka dengan menggunakan air es. Tapi pada semua kasus tidak berhasil dengan cara ini, tetapi pada sebagian orang mencuci muka dengan air es bisa mengurangi timbulnya jerawat.

3. Daun yang memiliki banyak khasiat adalah daun sirih, karena tidak hanya digunakan sebagai obat bau badan tradisional tetapi juga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Cara pemakaiannya yaitu sediakan 10 lembar daun sirih kemudian seduh, kemudian saring dan ambil air daun sirih tadi dan gunakan untuk mencuci muka tiga kali sehari.

4. Menggunakan belimbing wuluh untuk obat jerawat. Cara penggunaannya, campurkan belimbing wuluh dengan sedikit garam lalu haluskan, kemudian usapkan pada wajah dua sampai tiga kali sehari. Manfaat dari belimbing wuluh sendiri yaitu sebagai astrigen untuk memperkecil pori-pori wajah dan untuk anti radang.

5. Menggunakan uap daun teh untuk mengatasi jerawat. Cara pembuatan obat jerawat tradisional dengan menggunakan uap daun teh yaitu seduhlah daun dengan air yang mendidih, kemudian beberapa lama dekatkan muka atau wajah hingga terkena uap daun.

6. Obat jerawat tradisional dengan menggunakan buah mengkudu. Haluskanlah buah mengkudu, kemudian dijadikan masker wajah.

7. Menggunakan buah tomat dan jeruk nipis. Caranya hampir sama, pada malam hari sebelum tidur buah tomat atau jeruk nipis dioleskan. Esoknya setelah bangun tidur bersihkan dengan air hangat.

8. Selain itu temulawak juga bisa digunakan sebagai masker untuk mengobati  jerawat secara tradisional. Lidah buaya (aloe vera), kentang yang diiris tipis, mahkota dewa ditempelkan pada wajah untuk mengatasi jerawat.

9. Manggis mempunyai faedah lain yaitu mengobati jerawat. Riset yang dilakukan Fakultas Farmasi Universitas Mahidol membuktikan bahwa manggis bersifat antibakteri.  Hasil dari riset itu menunjukan bahwa manggis menghambat perkembangan bakteri Propionibacterium acnes and Staphylococcus epidermidis. Bakteri tersebut dapat menyebabkan pipi berjerawat.

Apabila Anda tertarik dengan pengobatan tradisional, Anda dapat mencoba beberapa tips di atas. Dan yang paling penting efek samping dari obat tradisional ini tidak ada. Semoga Anda berhasil menghilangkan jerawat Anda.





loading...

Artikel terkait Obat Jerawat Tradisional

efek samping menghilangkan jerawat dengan air garam. efek samping menghilangkan jerawat dengan garam.