Home » Penyakit dan Terapi » Nyeri Pinggang Berdenyut Waspada Batu Ginjal â?? Saluran Kemih

Nyeri Pinggang Berdenyut Waspada Batu Ginjal â?? Saluran Kemih



nyeri batu ginjalKalau anda merasakan nyeri di pinggang belakang yang berdenyut waspadalah batu saluran kemih. Batu di saluran kemih bisa berupa batu ginjal, batu antara ginjal dan kandung kemih (batu ureter) dan batu yang sudah berada di kandung kemih. Nyeri ini biasanya dijalarkan ke bagian-bagian lain misalnya ke perut,  pangkal paha dan penis. Jika nyerinya hebat bisa menyebabkan kram dan muntah. Nyeri pinggang ini hilang dan timbul sesuai perjalanan batu ke bagian bawah.

Gejala lain yang mukin timbul adalah demam jika terjadi peradangan/infeksi, perut kembung, bila disertai perlukaan di saluran kemih bisa didapatkan darah di air seni.

Diagnosa

Batu ginjal dan saluran kemih jika masih kecil atau yang masih berupa pasir sering tidak menimbulkan gejala, mungkin akan diketahui saat pemeriksaan air kemih rutin. Sedangkan batu yang besar didiagnosis berdasarkan nyeri pinggang belakang seperti yang dijelaskan diatas. Selain itu diagnosis juga bisa ditegakan dengan bantuan pemeriksaan darah untuk menilai kadar kalsium, asam urat dan sistin. Pemerisaan foto rontgen dan USG juga bisa mendeteksi adanya batu ginjal dan saluran kemih.

Pengobatan

Batu-batu kecil yang tidak menimbulkan gejala atau dengan rasa sakit yang minimal biasanya tidak perlu diberikan obat cukup dengan minum banyak air putih untuk mengikis dan membuang batu bersama air seni dan setelah itu mungkin diperlukan perubahan diet sesuai dengan jenis batunya.

Jika batunya batu kalsium maka kurangi konsumsi kalsium dan jika batu struvit (asam urat) maka kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung purin.

Batu dengan ukuran besar bisa menimbulkan nyeri kolik yang hebat sehingga perlu terapi khusus. Sebagai pereda nyeri bisa digunakan golongan narkotik. Dan batu-batu tersebut harus dikeluarkan dengan cara pembedahan minimal atau bisa juga dengan gelombang ultrasonik ESWL (extracorporeal shock wave lithotripsy) jika ukurannya dibawah 1 cm kemudian dikeluarkan bersama air seni. Batu struvit menunjukkan adanya infeksi saluran kemih, karena itu perlu diberikan antibiotik.

Pencegahan

Tindakan pencegahan pembentukan batu tergantung jenis batu yang pernah ditemukan

Batu kalsium

Diet rendah kalsium dan mengonsumsi natrium selulosa fosfat.

Dianjurkan untuk minum banyak air putih (8-10 gelas/hari).

Batu asam urat

Dianjurkan untuk mengurangi asupan ikan, unggas, jeroan, kerang dan daging karena makanan tersebut mengandung banyak purin menyebabkan meningkatnya kadar asam urat. Minum banyak air.




loading...

Artikel terkait Nyeri Pinggang Berdenyut Waspada Batu Ginjal â?? Saluran Kemih

pinggang berdenyut. pinggang kiri berdenyut. ginjal terasa berdenyut. belakang pinggang berdenyut. pinggang sebelah kanan berdenyut. kenapa bagian ginjal kok berkedut. pinggang belakang berkedut.