Home » Tips Sehat » Nutrisi Vital Yang Harus Dikonsumsi Oleh Anak

Nutrisi Vital Yang Harus Dikonsumsi Oleh Anak



nutrisi untuk anakAnak harus mengkonsumsi nutrisi untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua memiliki tanggung jawab yang vital untuk memberi nutrisi untuk anak yang sifatnya mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Orang tua harus melakukan apa yang benar bagi anak dan diri mereka sendiri.

Banyak ahli setuju bahwa selain kandungan besi dan kalsium, nutrisi tambahan biasanya hilang dari rencana makanan anak-anak sehari-hari termasuk vitamin A, B, C, dan E serta mineral: seng, kromium, selenium dan potasium. Studi menunjukkan bahwa anak-anak dengan dukungan nutrisi terbaik, mempunyai tingkat kecerdasan yang baik dari anak-anak dengan pola makan gizi rendah.

Anak usia 2 – 6 tahun membutuhkan tiga porsi sayur dan dua porsi buah setiap hari.
Anak usia 7 – orang dewasa membutuhkan empat porsi sayur dan tiga porsi buah setiap hari.
Remaja laki-laki aktif dan pria dewasa membutuhkan lima porsi sayuran dan empat porsi buah setiap hari.

Bagaimana 1 porsi nutrisi untuk anak yang dimaksud diatas? Gunakan panduan berikut:

Kelompok Sayuran
â?¢ 1 buah sayuran mentah
â?¢ sayuran 1/2 gelas lainnya dimasak atau mentah
â?¢ 3/4 gelas Jus sayuran

Group Buah:
â?¢ 1 buah apel, jeruk, pir, pisang
â?¢ 1/2 buah cincang, dimasak atau kalengan (non-fruktosa)
â?¢ 3/4 gelas jus buah

Mengingat konsumsi buah-buahan dan sayuran gizi yang tidak memadai, anak perlu multivitamin. Multivitamin buatan sarat diwarnai dengan nilai gizi sedikit. Multivitamin terbaik adalah vitamin atau mineral cair dari tanaman organik, buah-buahan dan sayuran.

Mengingat penggunaan pestisida yang digunakan pada produksi pangan sekarang sudah tak terelakkan, sayur dan buah organik adalah wajib. Multivitamin perlu menyertakan wortel, serat, selada air dan bayam yang kaya akan karoten dan mineral. Herbal pencernaan ringan, seperti: chamomile, peppermint dianjurkan untuk mendukung pencernaan yang sehat dan nafsu makan. Kalsium, magnesium, fosfor dan vitamin D diperlukan untuk kesehatan tulang. Jus jeruk, kulit jeruk dan jus pir untuk membantu kesehatan kekebalan tubuh. Sejumlah kecil madu dapat digunakan untuk rasa manis. Multivitamin wajib mengandung vitamin A, B, C, D, E. Vitamin A sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh, kesehatan membran mukosa, dan sebagai pertahanan terhadap infeksi.

Tidak ada asuransi kesehatan yang lebih baik untuk anak-anak dan orang dewasa selain konsumsi makanan alami organik, vitamin dan beberapa mineral. Kadang-kadang, sulit untuk menarik perhatian anak-anak untuk mengkonsumsi produk makanan alami karena mereka tidak suka dengan rasa atau warna yang kurang menarik. Cara jitu adalah dengan mengkreasikan sayuran dan buah-buahan agar terlihat enak, seperti dibuat kue atau rujak juga bisa. Ada banyak vitamin alami sehat dengan kadar gula rendah yang anak juga suka, seperti madu. Dari sekarang atur nitrisi pada anak Anda, jangan sampai kekurangan, guna memperlancar pertumbuhan dan perkembangannya.




loading...

Artikel terkait Nutrisi Vital Yang Harus Dikonsumsi Oleh Anak

foto anak anak.