Home » Tips Sehat » Musik Mp3 Dapat Menurunkan Pendengaran

Musik Mp3 Dapat Menurunkan Pendengaran



mp3Mendengarkan musik dengan volume keras terbukti dapat menurunkan fungsi pendengaran tetapi musik dari mp3 player bisa memberikan efek yang lebih besar untuk penurunan pendengaran.

Sebuah survey menghasilkan kesimpulan bahwa siswa SMA lebih sering mengeraskan volume Mp3 player mereka dan itu meningkatkan resiko gangguan pendengaran dimasa mendatang. Suara yang langsung menuju saluran telinga tanpa didengar oleh orang lain membuatnya tidak mudah diganggu oleh orang lain yang mungkin tidak suka dengan jenis musik yang mereka dengar.

Akibatnya mereka lebih mudah untuk menaikan volume ketingkat yang sangat tinggi terutama saat mendengarkan lagu favorit mereka. Semua jenis pemutar musik yang dapat didengarkan melalui telinga mempunyai efek yang sama tetapi mp3 player seperti yang ada di handphone atau ipod menimbulkan efek yang lebih besar.

Karena jenis pemutar musik ini bisa menyimpan ribuan lagu sehingga membuat pengguna cenderung untuk mendengarkan selama berjam-jam tanpa henti tidak seperti pada cd player atau kaset.

Mendengarkan lebih lama kerusakan semakin banyak

Baca juga :   Penyakit Gula Darah

Rambut-rambut halus dalam saluran telinga dalam yang berfungsi mengirimkan impuls suara ke otak lama-kelamaan akan rusak berbanding lurus dengan durasi dan volume mp3 player.

â??Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang mendengarkan mp3 selama 8 jam cenderung untuk mengembangkan gangguan pendengaranâ? kata Brian Fligor, ScD, dari Rumah Sakit Anak di Boston, WebMD. Ia menemukan bahwa semua CD player memiliki pengaturan volume jauh melebihi 85 desibel.

Setiap kenaikan volume sebanyak 3 desibel akan memberikan efek yang sama dengan mendengarkan setengah durasi. Misalnya seseorang mendengarkan musik dengan volume 85 desibel selama 15 menit, jika volumenya dinaikkan menjadi 88 desibel maka efeknya pada telinga akan sama jika dia mendengarkan selama 7,5 menit.

Tetapi yang menjadi masalah adalah sangat jarang orang mendengarkan mp3 hanya 15 menit seringkali remaja mendengarkannya berjam-jam setiap hari dan ini akan bisa menimbulkan masalah yang serius pada telinganya dimasa depan.

Cara yang paling mudah untuk menangani ini adalah dengan menyetel volume musik lebih rendah dari yang biasa kita dengarkan idealnya adalah 15 desibel, tetapi sulit untuk mengukurnya, untuk lebih mudahnya, turunkan 2-4 level volume mp3 player anda dan kurangi durasinya jika memungkinkan.

Baca juga :   Cara Lain Mencegah Nyamuk Demam Berdarah



loading...

Artikel terkait Musik Mp3 Dapat Menurunkan Pendengaran