Home » Berat badan » Mungkinkah Diet Dilakukan Sambil Berpuasa?

Mungkinkah Diet Dilakukan Sambil Berpuasa?



Banyak yang beranggapan bahwa berpuasa dapat membantu proses diet, dengan berpuasa diharapkan berat badan menjadi turun. Walaupun begitu, supaya tidak sembarangan melakukan program diet perlu juga untuk mengatur strategi yang sesuai.

Ketika sedang berpuasa, di dalam tubuh terjadi proses pembongkaran cadangan makanan seperti lemak viseral dan juga otot. Bila dihitung dalam 30 hari, dapat terjadi penurunan berat badan sampai beberapa kilogram. Normalnya dalam sebulan, tubuh bisa kehilangan berat badan 0,5 sampai 3 kg.

Adaptasi Tubuh

Dalam 10 hari pertama menjalani ibadah puasa Anda akan mengalami perubahan pola makan, dan kemudian organ pencernaan mulai melakukan proses adaptasi. Adanya proses adaptasi ini dapat mempercepat metabolisme yang menyebabkan mudah menurunnya berat badan di 10 hari pertama. Usahakan mengontrol dan menjaga pola makan ketika sedang berbuka puasa. Supaya berat badan tetap stabil Anda perlu memilih jenis makanan yang tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat serta mengandung cukup serat.

Tetap Sahur

Usahakan untuk menyantap menu sahur ketika sudah mendekati waktu imsak, hal ini dilakukan supaya energi menjadi lebih awet tersimpan. Sebelum hidangan sahur disantap, usahakan terlebih dahulu meminum segelas minuman manis. Fungsinya, supaya selama berpuasa kebutuhan kandungan glukosa dapat terpenuhi. Kemudian, asuplah secukupnya sumber karbohidrat beserta lauk, sayur dan berbagai sumber protein dan lemak. Menurut teori, makanan yang cukup mengandung serat dan lemak, mampu bertahan hingga 5 sampai 6 jam jika dibandingkan dengan makanan yang tidak mengandung serat dan lemak.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Lemak di Perut

Berbuka dengan Makanan Lembut

Berbuka puasa diawali dengan menu makanan yang lembut, awal berbuka sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang keras. Perlu diingat bahwa organ pencernaan ketika berbuka puasa belum stabil.

Anda juga perlu menghindari beberapa makanan pedas, minuman yang bersoda serta makanan berat. Minuman bersoda menyebabkan perut menjadi sebah yang dapat memicu timbulnya gangguan pencernaan. Disamping itu, mengkonsumsi makanan berat menyebabkan pencernaan bekerja menjadi berat.

Menu yang baik untuk mengawali berbuka puasa adalah dengan meminum yang manis, tidak mengandung es dan mengkonsumsi makanan ringan. Setelah setengah jam kemudian baru makan besar.

Dan perlu diingat juga, ketika mengkonsumsi makanan berat jangan terlalu dekat dengan waktu tidur karena bisa terjadi penumpukan sisa kalori. Ada baiknya segera dilakukan setelah mengkonsumsi makanan pembuka. Anda juga dapat mempersiapkan menu sehat seperti buah potong atau jus buah antara waktu berbuka dan sahur.

Tetap Berolahraga

Di bulan puasa Anda tetap dapat berolahraga ringan seperti bersepeda statis dan jalan kaki. Namun setelah sahur sebaiknya jangan berolahraga, baiknya olahraga dilakukan sore hari sebelum buka puasa.

Baca juga :   Rekomendasi Diet untuk Golongan Darah A,O,B dan AB

Hal ini akan menjaga tubuh supaya tetap segar dan bugar serta menjaga aliran darah.




loading...

Artikel terkait Mungkinkah Diet Dilakukan Sambil Berpuasa?