Minum Susu Sebelum Tidur Supaya Makin Pulas



minum susuMinum susu sebelum tidur dianjurkan bagi mereka yang mempunyai insomnia/masalah sulit tidur atau hanya ingin tidur lebih nyenyak. Air hangat yang digunakan untuk menyeduh susu sendiri sudah memberikan sedikit efek relaksasi ditambah lagi susu mengangung asam amino tryptophan yang bisa membantu menginduksi tidur dengan cara menaikan serotonin. Kerja tryptophan akan semakin baik dengan keadaan lambung yang tidak terisi banyak makanan atau kosong.

Serotonin adalah neurotrasmiter, merupakan zat kimia yang membawa sinyal antar sel syaraf yang memainkan peranan penting untuk membuat orang santai dan tidur pada malam hari tetapi membuat kita terjaga penuh pada siang hari.

Minum susu malam hari bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain yang memperkaya rasa dan nutrisi misalnya dengan madu atau dengan sepotong roti. Dari about, susu yang dikombinasikan dengan sepotong roti/kue, sumber karbohidrat, bisa membuat kerja  tryptophan semakin baik. Segelas susu hangat dan sepotong kue merupakan kombinasi yang nikmat sebelum tidur.

Susu mengandung protein yang penting untuk perbaikan sel dan sebagai zat pembangun, pada saat tidur proses perbaikan sel tubuh dilakukan dan protein dalam susu bisa digunakan sebagai bahannya. Kalsium yang ada didalamnya memperkuat tulang dan memperbaiki jaringan otot yang rusak setelah berolahraga. Kalsium dalam susu skim juga telah diketahui menurunkan resiko penyakit jantung.

Kandungan vitamin dan mineralnya juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Apabila bermasalah dengan berat badan sebaiknya ganti susu full cream dengan susu rendah lemak atau susu skim (tanpa lemak). Pada saat tidur energi yang dibutuhkan sedikit, kandungan lemak yang ada pada susu full cream bisa membuat berat badan semakin tinggi terutama bila anda memasukan susu dalam daftar minuman favorit.

Supaya tidur makin lelap jangan campur susu dengan kopi atau sumber kafein lainnya, merokok sebelum tidur, makan terlalu banyak atau minum terlalu banyak. Semua hal itu dapat mengganggu tidur nyenyak anda.

Bagi yang mempunyai masalah mendengkur justru sebaiknya jangan minum susu sebelum tidur karena relaksasi yang berlebihan pada lidah, otot-otot sekitar tenggorokan dan rahang pada orang yang biasa tidur mendengkur bisa memperparah dengkuran. Lidah dan otot di sekitarnya akan menyumbat jalan nafas dan menimbulkan suara ngorok. Bukannya tidur nyenyak malah bangun tidur dengan kepala pusing karena kekurangan pasokan oksigen ke otak.




Minum Susu Sebelum Tidur Supaya Makin Pulas | mysite | 4.5