Meredakan Stres dengan Cara Alami



Stres sering kali menyerang orang yang mempunyai banyak aktivitas. Memang timbulnya stres adalah sesuatu yang wajar, tapi stres yang kita alami harus tetap diatasi supaya tidak menimbulkan depresi, obesitas, dan sakit. Menurut WomenHealth.gov, stres yang tidak diatasi menjadikan kondisi maag seseorang semakin buruk.

Untuk meredakan stres, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Cara yang akan dijelaskan nanti adalah cara yang sangat mudah sehingga Anda tidak perlu melakukan terapi atau mengkonsumsi obat tertentu. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres:

1. Tertawakan banyak hal

Bila Anda mengalami stres, janganlah beranggapan bahwa dengan menangis dapat menjadi sebuah solusi untuk meredakan ketegangan. Atasilah rasa stres Anda dengan tertawa. Pada tahun 1989 American Journal of Medical Sciences memuat sebuah studi yang mengungkapkan bahwa meningkatnya tekanan darah yang diakibatkan oleh hormon kortisol atau hormon stres dapat diturunkan dengan tertawa. Laporan yang dibuat oleh The Mayo Clinic yaitu dengan tertawa dapat membantu untuk melepaskan hormon endorfin yang ada di otak, mengakibatkan otot-otot yang ada menjadi lebih rileks. Inilah kuncinya untuk menghilangkan stres.

2. Membaca

Ketika stres menghampiri, banyak di antara kita yang memilih untuk tidak melakukan aktivitas membaca buku karena dapat menjadikan beban pikiran bertambah. The Telegraph dan Galaxy Chocolate melakukan survei yang hasilnya justru berbanding terbalik dangan hal tersebut yaitu melakukan kegiatan membaca buku kesukaan dalam 6 menit, justru dapat menurunkan stres. Dengan membaca buku menjadikan detak jantung menjadi turun dan normal, otot-otot pun menjadi rileks. Menurut anggapan beberapa orang bahwa tingkat stres seseorang dapat dikurangi dengan melakukan minum teh dan kopi, jalan-jalan dan menikmati musik.

Baca juga :   Obat Batuk Tradisional dan Modern

3. Menghubungi orang terdekat

Kita seringkali kurang menyadari bahwa dengan menghubungi orang terdekat kita semisal orangtua dan lebih khususnya seorang ibu dapat membantu untuk membuat perasaan menjadi nyaman serta tenang. Cobalah telepon ibu Anda ketika Anda sedang tidak hidup bersama ibu. Walaupun secara fisik ibu Anda tidak berada di samping Anda, tapi dengan mendengarkan suaranya lewat telepon dapat mengurangi beban stres yang Anda alami.

Diungkapkan juga dalam sebuah tulisan yang dimuat dalam majalah Scientific American, ada seorang remaja putri yang baru saja menyelesaikan berbagai tugas yang cukup berat sehingga mengalami stres dan untuk menurunkan tingkat stresnya remaja ini hanya menelopon ibunya. Gejalanya sendiri tidak terlihat pada saat kita tidak menelopon ibu kita. Kondisi ini juga berlaku sama terhadap remaja putri ketika menghadapi suatu masalah sehingga menyebabkan stres akan segera memeluk sang ibu.

4. Ngemil cokelat

Cara ini adalah cara yang paling disukai untuk menurunkan tingkat stres. Ada suatu penelitian yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 1,4 ons cokelat murni dalam 2 minggu sekali sudah dapat membantu untuk mengurangi kadar hormon kortisol yang tinggi.

Baca juga :   Cara Mencegah Flu

5. Bergosip

Dalam kehidupan bersosialisasi, menggosip adalah suatu aktivitas yang mempunyai pengaruh kurang baik. Namun dengan bergosip dapat memberikan efek yang baik untuk menghilangkan stres. Diungkapkan juga oleh salah satu peneliti dari University of California, Berkeley, bahwa dengan bergosip sudah terbukti dapat menurunkan tingkat stres.

Menurut Dr Colin Gill sebagai psikolog, â??Menggosip meningkatkan kadar hormon positif seperti serotonin sehingga mengurangi stres dan kegelisahan.â? Pada saat bergosip, kita mempunyai suatu minat tentang apa yang sedang dikatakan oleh orang lain, begitu juga sebaliknya. Ikatan tersebut yang dapat membuat kita menjadi lebih senang dan senyawa kimia yang lepas memberikan kita rasa bahagia.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *