Menu Makanan Bayi



Jika bayi Anda sudah mulai menunjukkan beberapa tanda ketertarikan terhadap makanan padat dan sudah mulai siap dengan beberapa keadaan seperti duduk dan mengontrol kepala, maka Anda sudah dapat mulai memperkenalkan makanan padat pada bayi. Rekomendasi dari American Academy of Pediatrics, tunggulah sampai waktu yang tepat sampai bayi benar-benar mendapatkan ASI ekslusif. Berikut ada beberapa tips mengenai makanan yang baik untuk bayi:

Usia 0-6 bulan

Pada usia ini, bayi harus mendapatkan ASI ekslusif setidaknya sampai usianya 6 bulan, walaupun Anda sudah ingin memberikan makanan padat pada bayi Anda. rekomendasi dari American Academy of Pediatrics, bayi sebaiknya mendapatkan ASI ekslusif sampai usianya 6 bulan, ini untuk memastikan bayi memperoleh banyak nutrisi dan keuntungan yang terdapat pada ASI. Refleks ekstrusi atau tersedak dapat saja terjadi jika bayi Anda belum siap mengkonsumsi makanan padat, akibatnya bayi akan mendorong makanan keluar dari dalam mulut.

Usia 6-8 bulan

Ketika usia bayi menginjak 6 bulan mulailah sedikit demi sedikit memperkenalkan makanan padat pada bayi, pemberian makanan padat dapat diselingi dengan pemberian ASI ekslusif. Anda dapat mencoba memberi bayi makanan sereal, ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan bayi dalam mengontrol kepalanya dengan baik, mampu duduk secara mandiri, dan mempunyai minat pada makanan. Menu sereal bayi dapat ditambah dengan kombinasi susu, sayuran, atau buah-buahan, ini menjadikan makanan lebih substansial. Sebelum Anda menggantikan menu sereal bayi dengan makanan yang lain, ada baiknya kenali dulu apakah bayi sudah dapat mengenali atau menguasai sereal gandum atau beras, ini sangat membantu bayi dalam mengenali rasa setiap makanan. Pemberian ASI atau susu masih diperlukan disela-sela konsumsi makanan padat, ini sangat membantu bayi untuk memperoleh gizi dan kalori yang cukup.

Baca juga :   Manfaat Jeruk Nipis

Usia 8-10 bulan

Ketika bayi sudah mulai nyaman dengan makanan padat, Anda dapat mulai memperkenalkan atau menambahkan menu bubur , buah, dan sayuran pada menu makan bayi. Dengan mengenalkan makanan baru yang terdapat pada sereal bayi akan sangat membantu bayi dalam mengenali tekstur dan rasa makanan. Menurut salah seorang profesor klinis asosiasi pediatric dari University of California, Dr Bill Sears, mulailah mengenalkan sayuran supaya bayi tidak menolak ketika diberi sayuran dan buah. Sayuran yang baik untuk ditambahkan dalam menu bubur bayi adalah kacang polong, ubi jalar, labu, dan wortel. Setelah menerima sayuran, Anda dapat menambahkan buah dalam menu makan bayi.

Usia 10-12 bulan

Pada usia ini, bayi sudah mulai mempunyai minat dalam mengkonsumsi makanan secara mandiri. Bayi sudah mulai bisa duduk secara bebas dan dapat mengkonsumsi makanan dengan tangannya sendiri, berikanlah beberapa potongan kecil makanan yang mudah larut, seperti potongan mangga, pisang, anggur dan makanan lain yang mudah untuk dimakan. Beberapa makanan yang Anda konsumsi juga dapat diperkenalkan pada bayi, yang penting bayi tidak mempunyai alergi terhadap makanan tertentu.  Anda dapat menggunakan alat pengolah makanan untuk memotong makanan seperti daging, sayur dan pasta menjadi lembut. Makanan yang sudah dilembutkan ditambahkan dalam menu keluarga sehingga bayi dapat merasakan rasa makanan tersebut.

Baca juga :   10 Manfaat Asparagus



loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *