Home » Makanan dan Minuman » Tips Sehat » Menjaga Hati Dari Gangguan Penyebab Sakit Hati

Menjaga Hati Dari Gangguan Penyebab Sakit Hati



menjaga hatiAnda pasti tahu, bahwa hati adalah salah satu organ penting yang letaknya di kanan atas perut. Banyak gangguan atau penyakit yang dapat menyerang hati, jika tidak dijaga kesehatannya. Fungsi penting hati dalam tubuh sangatlah penting, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

* Hati membantu menjaga kadar gula darah normal dan juga membantu mengkonversi lemak dan protein menjadi glukosa.

* Hati juga mengontrol metabolisme lemak dengan cara membuang lemak dari darah.

* Hati membantu metabolisme protein dengan membuang nitrogen dari asam amino, dan membentuk protein plasma yang digunakan untuk pembekuan darah.

* Hati bertindak sebagai penyimpan glikogen (penyimpanan bentuk gula darah), vitamin D, A, dan B12, serta mineral dan zat besi.

* Filter Hati berfungsi mengganti sel darah merah yang rusak dan mengusir racun yang berasal dari alkohol dan bahan kimia lainnya.

Setelah mengetahui keseluruhan fungsi hati di atas, tentunya Anda ingin agar hati Anda tetap terjaga kesehatannya. Nah, berikut akan ditampilkan bagaimana caranya menjaga hati untuk tetap sehat.

Baca juga :   10 Manfaat Asparagus

Cara menjaga hati tetap sehat

* Hindari konsumsi alkohol, karena jika hati mencerna alkohol, maka hati akan kelebihan beban dalam proses tersebut dan tidak akan mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

* Hindari konsumsi lemak berlebih, khususnya gorengan yang akan membebani hati.

* Konsumsi makanan organik, karena akan mengurangi kerja detoksifikasi hati. Jika tidak ada makanan organik, makanan berikut bisa menjadi penggantinya, seperti daging, telur, mentega dan keju

* Makan banyak buah dan sayuran karena banyak mengandung vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh hati.

* Hindari merokok, dan makanan yang mengandung kadar tinggi garam.

* Menjaga berat badan, karena jika kelebihan berat badan akan menjadi beban yang tidak perlu pada hati dan kantong empedu.

* Disarankan untuk menambahkan kunyit untuk menu harian Anda, karena kunyit dapat meningkatkan aliran empedu, dimana empedu berfungsi untuk membantu pencernaan.

* Selain kunyit, tanaman herbal lain yang bisa digunakan adalah jahe, yang berfungsi membantu empedu memperlancar pencernaan.

* Konsumsi teh hijau setiap pagi, karena kandungan teh hijau dapat membantu fungsi hati untuk mengusir racun.

Baca juga :   Buah Blueberry si Kecil Kaya Manfaat Kesehatan

* Makan makanan seperti brokoli, kembang kol, kubis, bawang merah, bawang putih dan kuning telur, yang akan membantu hati melakukan fungsi untuk mengusir racun dalam tubuh.

Hati merupakan organ vital dalam tubuh, jika hati rusak maka Anda sendiri yang rugi. Gangguan seperti kanker hati atau hepatitis, tentu saja, tidak ada yang menginginkannya. Jadi jagalah hati Anda.




loading...

Artikel terkait Menjaga Hati Dari Gangguan Penyebab Sakit Hati