Meningkatkan Metabolisme Untuk Menurunkan Berat Badan



meningkatkan metabolismeMenigkatkan metabolisme bisa ditujukan untuk berbagai macam kebutuhan seperti menurunkan berat badan, meningkatkan energi sehingga tidak mudah lelah dan terkait dengan kesehatan, tetapi umumnya ditujukan untuk menurunkan berat badan. Orang yang mempunyai metabolisme tinggi walaupun makan sedikit banyak dari orang lain tetapi cenderung untuk tidak mudah gemuk. Umumnya metabolisme turun setelah seseorang mencapai usia 40 tahun. Berikut ini adalah cara-cara meningkatkan metabolisme.

1. Bentuk otot

Otot membutuhkan energi untuk menjaga ketegannya. Semakin besar otot maka metabolismenya juga semakin tinggi meskipun dalam keadaan istirahat. Bentuk otot dengan olahraga beban, yang sederhana misalnya mengangkat barbel, push up, sit up dan bersepeda.

2. Aerobik

Olahraga aerobik tidak membangun banyak otot, latihan aerobik lebih pada banyak gerakan ringan, repetisi dan kecepatan. Jenis olahraga ini umumnya meningkatkan denyut jantung nafas dan lebih banyak mengeluarkan keringat dibandingkan dengan latihan beban. Kalau kondisi tubuh mendukung pilih latihan aerobik dengan intensitas moderat-tinggi karena intensitas moderat-tinggi lebih baik untuk meningkatkan metabolisme dan lebih bertahan lama. Olahraga aerobik tidak harus berbentuk senam tetapi bisa juga dalam bentuk olahraga permainan seperti futsal, sepakbola, bulu tangkis, voli dan lain-lain.

Baca juga :   Atasi Kerutan Pada Wajah dan Penuaan Dini

3. Minum banyak air

Air merupakan substansi penting dalam tubuh mahluk hidup termasuk manusia. Dehidrasi ringan saja bisa menurunkan metabolisme. Dengan sering dan banyak minum air putih bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat melakukan aktfitas. Kurangi soda, dan minuman kalengan karena banyak mengandung kalori kosong.

4. Sering makan

Sering makan memang bisa menurunkan berat badan tetapi dalam jumlah yang kecil. Kita juga perlu mengurangi jumlah kalori makan besar kita. Ngemil yang sehat bukan sembarang ngemil tetapi harus dengan makanan yang bergizi dan mengandung protein contohnya ngemil kacang-kacangan, buah, puding.

5. Pedas-pedas

Menambahkan rasa pedas pada makanan bisa meningkatkan metabolisme tetapi yang perlu diingat adalah rasa pedas juga bisa meningkatkan selera makan, jadi tetaplah mengontrol diri.

6. Hindari diet ekstrim

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat bisa saja seseorang melakukan diet yang sangat ekstrim misalnya hanya makan sekali sehari, atau hanya makan sedikit sekali karbohidrat. Diet seperti ini sangat-sangat tidak dianjurkan, kalau ingin menurunkan berat badan maka harus secara bertahap. Jangan mengorbankan kesehatan hanya demi beberapa perubahan pada penampilan. Hubungannya dengan metabolisme, diet ekstrim membuat tubuh masuk pada “mode hemat energi” karena kekurangan sumber energi akibatnya metabolisme diturunkan untuk menghemat pemakaian energi.

Baca juga :   Tips Cepat Gemuk - Sehat dan Berisi

 




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *