Home » Makanan dan Minuman » Mengenal Berbagai Jenis Vitamin B dan Sumbernya

Mengenal Berbagai Jenis Vitamin B dan Sumbernya



sumber vitamin BSebelumnya anda pasti sudah mengetahui apa itu vitamin B dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Sebenarnya vitamin B ini sangatlah unik dan memiliki berbagai jenis yang sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Ketika kita mengolah vitamin B yang ada didalam masakan sebaiknya harus diperhatikan agar kadar vitamin tersebut tidak hilang. Vitamin B juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita terutama untuk mendapatkan energi yang cukup dalam memulai aktifitas sehari-hari.

Ada delapan jenis vitamin B dan kesemuanya berperan dalam pembentukan karbohidrat menjadi glukosa yang kemudian dioleh menjadi energi. Vitamin B kompleks merupakan vitamin yang larut dalam air yang artinya tidak disimpan dalam tubuh jadi kita perlu memenuhi kebtuhan vitamin B kompleks dari makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Vitamin B kompleks dibutuhkan oleh berbagai organ seperti kulit, syaraf, mata, rambut dan hati. Dalam berbagai jenisnya vitamin B ini memiliki berbagai nama, fungsi, dan sumber-sumbernya. Berikut saya mencoba mencantumkan jenis-jenis vitamin B dan darimana sumbernya berasal:

# Tiamin

Lebih dikenal dengan nama Vitamin B1 yang berfungsi sebagai pengubah zat karbohidrat menjadi energi dalam tubuh. Sumbernya sendiri didapat dari makanan berkarbohidrat seperti nasi, roti, gandum, seafood, dan lain-lain.

Baca juga :   Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

# Riboflavin

Atau lebih dikenal secara umum dengan nama Vitamin B2 yang menjaga kesehatan mata dan kulit. Sumbernya didapat dari susu, keju, ungas, sayur-sayuran hijau, dan jamur.

# Niasin

Vitamin B3 yang terkenal sebagai peningkat kelembaban dan penjaga kesehatan kulit, memperbaiki sistem pencernaan, dan merubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Sumbernya berasal dari biji-bijian, daging sapi, dan jamur.

# Pantothenic Acid

Vitamin B5 yang berguna sebagai perubah karbohidrat menjadi energi, pemecah lemak, pembentukan sel darah merah, dan penyusun elemen vitamin D. Sumbernya didapat melalui ikan sarden, ayam, semangka, dan alpukad

# Piridoksin

Atau dikenal sebagai vitamin B6 yang diperlukan dalam proses pembentukan asam amino dan lemak. Sumbernya dari unggas, ikan, sapi, buah-buahan yang berwarna ungu, dan sayuran hijau.

# Biotin

Atau Vitamin B7 yang membantu proses pemecahan lemak dalam tubuh, dan mengubah protein menjadi energi. Sumbernya dari telur, susu, pisang, kacang tanah.

# Folat

Atau yang lebih dikenal sebagai Vitamin B9 yang sangat baik untuk perkembangan janin didalam rahim ibu untuk mengembangkan syaraf-syaraf dan pembentukan sel darah merah. Sumbernya berasal dari susu, dan sayuran berdaun hijau.

Baca juga :   Manfaat Kesehatan Kafein Dalam Kopi

# Kobalamin

Yang terakhir adalah vitamin B12 yang mampu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi, mencegah penyakit jantung, dan membantu daya ingat. Sumbernya didapat melalui daging sapi, daging ikan, hati, telur, susu, dan kacang kedelai.

Ada hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin memenuhi kebutuhan vitamin B dengan menggunakan suplemen. Minum suplemen salah satu vitamin B saja dalam jangka waktu lama dan dosis besar bisa menimbulkan ketidak seimbangan vitamin B sehingga lebih baik untuk minum semua jenis vitamin B atau vitamin B kompleks.




loading...

Artikel terkait Mengenal Berbagai Jenis Vitamin B dan Sumbernya