Home » Penyakit dan Terapi » Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan 5 Cara Mudah

Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan 5 Cara Mudah



Jika Anda terserang radang tenggorokan, maka tenggorokan Anda akan terasa seperti kering, sakit ketika menelan dan terasa bengkak. Penyebab yang paling sering muncul dari sakit atau radang tenggorokan adalah infeksi yang disebabkan oleh virus, cotohnya flu atau pilek.

Biasanya sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya, walaupun ditemukan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kondisi yang serius. Tenang saja, Anda jangan terlalu cemas karena ada beberapa tips untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan yang dapat Anda terapkan di rumah, berikut tips sederhana hasil penjelasan dari kutipan yang ada di Healthcastle:

1. Minum Madu

Banyak orang yang mempercayai bahwa madu mempunyai khasiat untuk meredakan sakit tenggorokan. Walaupun hingga sekarang, para ahli belum memahami secara pasti cara kerja yang dilakukan makanan ini. Tapi yang jelas, madu mempunyai kemampuan untuk menghambat tumbuhnya bakteri resisten pada antibiotik. Cara pemakaiannya, ambilah madu 1 sampai 2 sendok makan lalu campurkan dengan satu cangkir air panas.

2. Berkumur Menggunakan Air Garam

Baca juga :   Awas! Bahaya Penyakit Difteri

Radang tenggorokan dapat dikurangi dengan berkumur menggunakan air garam. Bagaiamana cara kerja garam? Garam akan mengeluarkan air dari membran sel, sehingga bengkak dan peradangan yang diakibatkan oleh sakit tenggorokan dapat dikurangi. Cara pemakaiannya, ambilah garam  ½ sampai 1 sendok teh kemudian campurkan dengan secangkir air yang hangat, berkumurlah menggunakan air campuran tadi, gunakanah sekali setiap satu jam.

3. Teh Hijau

Hasil dari sebuah riset menunjukkan, bahwa terjadinya peningkatan respon imunitas pada peserta penelitian dikarenakan mereka mengkonsumsi ekstrak teh hijau sehingga hormon interferon dapat dikeluarkan, yang berguna untuk melawan virus. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, tambahkanlah madu pada satu cangkir teh hijau.

4. Cuka Sari Apel

Banyak juga orang yang mempercayai khasiat dari cuka sari apel untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, walaupun mereka belum dapat membuktikannya secara ilmiah. Cara pemakaiannya: ambil satu sendok makan cuka sari apel kemudian campurkan dengan secangkir air hangat, berkumurlah menggunakan air campuran tadi dan telanlah.

5. Pertimbangkan untuk Mengkonsumsi Vitamin D

Baca juga :   Zelboraf untuk Menyembuhkan Kanker Kulit Melanoma

Pada tahun 2007 ada sebuah riset yang menjelaskan, peluang untuk terkena gejala flu atau pilek akan semakin kecil terjadi jika dalam sehari rajin mengkonsumsi suplemen vitamin D. Kesimpulannya, bila vitamin D dikonsumsi maka dapat menyebabkan daya tahan tubuh semakin baik sehingga munculnya gejala sakit tenggorokan akan semakin kecil.

Semua tips yang ada di atas sebaiknya dilakukan sebelum sakit tenggorokan yang terjadi dalam kondisi parah. Bila dalam kurun waktu 3 hari sakit yang diderita tak kunjung membaik, sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter.




loading...

Artikel terkait Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan 5 Cara Mudah

apel buat penderita radang tenggorokan.