Home » Pria » Tips Sehat » Mengapa Obesitas Bisa Menyebabkan Orang Mendengkur?

Mengapa Obesitas Bisa Menyebabkan Orang Mendengkur?



obesitas menyebabkan orang mendengkurMendengkur memang sangat mengganggu, apalagi jika tidur dengan pasangan atau teman Anda. Tahukah Anda, bahwa salah satu penyebab dari mendengkur adalah obesitas. Iya, memang benar. Bahwa orang yang kelebihan berat badan, memiliki peluang lebih besar mendengkur. Konsumsi makanan yang salah dan menjalani kebiasaan yang salah membuat orang mudah kelebihan berat badan. Makanan seperti junk food dan kebiasaan malas-malasan tanpa olahraga adalah contoh kebiasaan yang akan membuat badan penuh lemak.

Jika berat badan tubuh naik beberapa kilo dari berat ideal, mendengkur pun bisa terjadi. Nah, sekarang pertanyaannya, mengapa obesitas merupakan salah satu penyebab utama terjadinya mendengkur? Jawabannya adalah karena berat badan menghimpun lemak di daerah tenggorokan, yang menyebabkan saluran udara menyempit, sehingga akan terdengarlah suara orang mendengkur. Dibawah ini akan dijelaskan lebih rinci.

Saat berat badan bertambah, seseorang akan kehilangan kekencangan otot. Mendengkur, merupakan proses yang terjadi akibat dari otot-otot tenggorokan dan rahang longgar, yang menyebabkan lidah seperti tertarik ke dalam dan jatuh ke tenggorokan. Dimana proses ini akan menghalangi pernapasan normal saat sedang tidur. Getaran pada daerah tenggorokan oleh tekanan udara yang mengalir di jalur yang sangat sempit menyebabkan timbulnya suara bising, yaitu dengkuran.

Baca juga :   Fantastisnya Vitamin D

Seseorang yang mendengkur, memiliki risiko lebih tinggi dapat terkena hipertensi, diabetes, apnea, depresi, kurang tidur, dan masih banyak masalah kesehatan lain tanpa mengenal umur.

Saat seseorang yang mendengkur bangun tidur, kebanyakan dari mereka akan mengalami sakit kepala. Hal ini dikarenakan pasokan oksigen ke otak sangat rendah, tidak seperti biasanya. Selain itu, pendengkur juga akan mengalami kekeringan di mulut dan tenggorokan. Sulit tidur pun akan terjadi dan mengakibatkan si pendengkur tidurnya kurang berkualitas. Seseorang pada umumnya butuh 7 sampai 8 jam tidur setiap hari, untuk meremajakan pikiran dan tubuh. Tapi bagi pendengkur, mereka akan sering terbangun dan akan memiliki masalah kesehatan.

Banyak orang yang menyepelekan bahwa kurang tidur itu masalah kecil. Namun sebenarnya ini masalah serius, hal ini akan menyebabkan konsentrasi rendah, dan produktivitas menjadi rendah juga. Hal ini akan membuat pekerjaan dan aktivitas menjadi terganggu.

Sekarang, yang perlu dilakukan adalah mengurangi berat badan. Hal ini sangat penting untuk menekan terjadinya dengkuran. Olahraga teratur dan lakukan diet yang benar, akan membuat tubuh ideal dan terhindar dari dengkuran.

Baca juga :   Akibat Kekurangan Vitamin B Bagi Kesehatan Tubuh



loading...

Artikel terkait Mengapa Obesitas Bisa Menyebabkan Orang Mendengkur?

kenapa obesitas tidur mendengkur. kenapa orang obesitas ketika tidur ngorok. Mengapa obesitas dapat menyebabkan susah tidur.