Home » Info Kesehatan » Mencari Rujukan Kesehatan Anak di Internet

Mencari Rujukan Kesehatan Anak di Internet



Sekarang banyak orang yang menggunakan internet sebagai media untuk mencari beberapa informasi, salah satunya informasi kesehatan. Bahkan, dari delapan orangtua ada satu diantaranya yang memilih mencari informasi kesehatan di internet seputar penyakit yang dialami si buah hati sebelum dibawa ke dokter.

Bahkan lebih dari itu, orangtua pun rela mencari informasi melalui situs medis yang sudah disarankan oleh dokter spesialis anak. Oleh sebab itu, dokter anak harus lebih siap dalam menangani dan menjawab semua pertanyaan orangtua yang ingin mengetahui keadaan kesehatan anaknya.

Dalam sebuah konferensi yang diadakan oleh American Academy of Pediatrics di Boston, Amerika, dalam konferensi ini para orangtua menyimpulkan bahwa para orangtua mempunyai kepercayaan yang kuat pada informasi kesehatan yang ada di internet.

Dr Purvi Shroff seorang peneliti dari University of Louisville, Kentucky, Amerika, melakukan suatu penelitan dengan melibatkan sekitar 240 orangtua wali dari anak yang mempunyai akses dengan jaringan internet.

Hasil penelitian menunjukkan, dalam kurun waktu 24 jam terakhir terdapat 12% orangtua yang melakukan konsultasi secara online dengan media internet untuk mengetahui seputar kondisi kesehatan anaknya dan dalam 3 bulan terakhir ada separuh responden yang mengaku telah menggunakan media internet untuk mengetaui atau mencari informasi yang terkait dengan penyakit dan kesehatan anak mereka.

Para orangtua sering mengunjungi beberapa situs diantaranya Wikipedia dan WebMD. Ada juga dari beberapa orangtua yang mencari sumber informasi kesehatan dari situs Center for Disease Control and Prevention. Serta situs seperti American Academy of Pediatrics Healthy Children yang banyak difavoritkan orangtua.

Rekomendasi situs kesehatan dari dokter anak disambut dengan antusias oleh mayoritas orangtua. â??Keinginan untuk mempelajari lebih banyak tentang kesehatan anak dan mengambil keputusan yang tepat adalah hal yang penting. Tetapi, ketika mencarinya di internet, sangat penting untuk memilih situs yang terpercaya dan informasinya memang benar mengenai kesehatan anak,â? ujar Dr Shroff.

Sebaiknya sebelum memutuskan kondisi kesehatan anak, berdiskusilah terlebih dahulu antara orangtua dengan dokter tentang apa yang telah di baca di situs kesehatan, tambah Dr Shroff.




loading...

Artikel terkait Mencari Rujukan Kesehatan Anak di Internet