Mempercepat Penyembuhan Setelah Sakit



masa-penyembuhanSaat sakit tubuh kita menjadi lemah tak berenergi. Meskipun sudah ingin melakukan banyak aktifitas tetapi badan masih terasa lemas akibatnya aktifitas terganggu. Apa yang perlu dilakukan supaya tubuh cepat segar seperti sedia kala? berikut ini adalah tips supaya badan tidak lemas setelah sakit

1. Istirahat. Tubuh memerlukan waktu untuk “memperbaiki” diri ke kondisi semula. Istirahat mengijinkan tubuh untuk berkonsentrasi terhadap pemulihan. Nikmati masa istirahat anda tetapi tetap lakukan streching dan olahraga-olahraga kecil supaya tidak terlampau pasif. Hindari bermalas-malasan, anda bisa melakukan hal-hal kecil yang membuat tubuh tetap aktif misalnya merapihkan tempat tidur, membuat minuman hangat, men-jus buah sendiri, ngobrol dengan anggota keluarga dan sebagainya.

2. Makan makanan sehat
Semakin sehat makanan yang dikonsumsi semakin cepat proses penyembuhan berlangsung. perbanyak buah, sayuran dan sumber protein sehat. Memenuhi kebutuhan cairan juga penting, pastikan minum minimal delapan gelas setiap hari.

3. Suplemen vitamin dan mineral
Terkadang meskipun sudah dalam masa penyembuhan, nafsu makan masih belum balik seperti semula, suplemen vitamin dan mineral membantu memenuhi nutrisi tubuh. Vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi selama masa penyembuhan adalah vitamin C, vitamin A, vitamin K, Zinc, Zat besi, tembaga (copper)

Baca juga :   Tips Sehat Saat Sahur Sampai Buka Puasa

4. Masalah pencernaan
Banyak penyakit yang berasal dari saluran pencernaan jika anda salah satu yang mengalaminya sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna. Bubur dan makanan halus lainya memperingan kerja pencernaan. Hindari makanan yang pedas dan mengandung banyak gas. Mengkonsumsi Yoghurt dalam banyak kasus sangat membantu sistem pencernaan.

Tips mempercepat penyembuhan diatas merupakan tips-tips umum yang mungkin perlu dimodifikasi sesuai kebutuhan. Jika anda menderita penyakit berat dan kronis sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.




loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *