Home » Wanita » Tips Memilih Bra yang Sehat

Tips Memilih Bra yang Sehat



bra BHBra atau yang dikenal kutang atau BH, tentunya sudah menjadi sahabat baik bagi perempuan. Saat ini banyak bahan, jenis, model dan warna yang beragam yang ditawarkan.Tentunya, semuanya disesuaikan dengan selera pribadi atau mungkin special request dari pasangan. Tapi yang terpenting yang perlu diketahui wanita adalah cara memilih dan penggunaan bra yang tepat. Karena kesalahan penggunaan bra bisa merugikan kesehatan.

 

Biasanya perempuan cenderung menggunakan bra yang ukuranya lebih kecil dari yang semestinya agar memberikan efek payudara yang lebih padat berisi, terlihat kencang dan cleavage (belahan) payudara lebih terbentuk. Namun seperti halnya baju dan celana ketat, penggunaan bra yang ketat juga tidak baik bagi kesehatan. Bra yang ketat akan menghambat sirkulasi darah dan merusak jaringan payudara. Ketatnya bra yang dikenakan akan menghambat oksigen dan nutrisi yang mengalir ke sel-sel payudara. Hal inilah yang akan memicu timbulnya kanker payudara.

Tapi, sebagian wanita juga lebih senang menggunakan bra yang tidak terlalu ketat (longgar) bahkan ada yang tidak sama sekali menggunakan bra. Perempuan yang tidak menggunakan bra atau menggunakan bra yang kendor akan menyebabkan payudaranya lebih cepat kendor karena kurang ditopang. Oleh karena itu, penting sekali menggunakan bra yang tepat setiap harinya.

Berikut cara memilih bra yang sehat:

  1. Sebelum membeli bra, usahakan untuk mencoba terlebih dahulu. Jangan membeli bra hanya dengan melihat-lihat kecuali Anda telah menggunakan merek, ukuran dan tipe yang sama sebelumnya. Jangan terpengaruh dengan informasi dari pramuniaga karena andalah yang bisa merasakan bra yang paling sesuai dengan tubuh Anda. Bra yang baik adalah bra yang pas dengan payudara yang akan menahan payudara dengan baik tetapi tidak menekan sehingga meninggalkan bekas di kulit pundak maupun punggung.
  2. Tidak membeli bra selama masa menstruasi karena selama menstruasi ukuran payudara bertambah besar. Apabila membeli di masa itu berarti Anda membeli bra yang ukurannya terlalu besar. Sebaiknya perempuan memiliki bra khusus yang dipakai ketika masa menstruasi.
  3. Ukuran bra ditunjukkan dalam lingkar tubuh bagian dada dan besarnya payudara. Biasanya  ukuran bra ditunjukan dengan angka genap misalnya 32, 34, 36, dst atau 70, 75, 80 (Eropa/Internasional). Ukuran besarnya payudara dinyatakan dalam huruf, yaitu A, B, C, dst. Perempuan perlu mengetahui ukuran bra yang pas dengan tubuh. Misalnya, apabila ukuran payudara diantara antara 32 dan 34 maka pilihlah ukuran yang besar sebagai patokan ukuran bra Anda.
  4. Pilihlah bra yang terbuat dari bahan yang nyaman untuk dipakai, misalnya dari katun atau serat mikro. Pilihlah bra yang bisa lentur saat dipakai yang mengikuti kontur tubuh dan berpori-pori sehingga kulit Anda bisa bernafas leluasa.
  5. Pilihlah tali bra yang elastis karena lebih memberikan kenyamanan dan fleksibilitas. Namun, jangan menggunakan tali Bra dari bahan yang terlalu lentur karena kurang memberikan daya topang bila payudara Anda cukup besar.
  6. Untuk mangkuk bra sesuaikan dengan besar payudara. Bisa yang memakai busa atau tanpa busa sesuai dengan kenyamanan. Usahakan jangan memilih mangkuk bra yang berkawat karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit dan menghambat sirkulasi darah.
  7. Gunakan bra khusus saat berolahraga. Pilihlah yang bisa mengurangi goyangan payudara tanpa membuat tekanan pada payudara. Usahakan memilih bra yang tali branya bersilangan ( misalnya X atau Y) agar Anda leluasa bergerak.



loading...

Artikel terkait Tips Memilih Bra yang Sehat

susu gatel.