Home » Tips Sehat » Membersihkan Tungau Penyebab Bersin-Bersin

Membersihkan Tungau Penyebab Bersin-Bersin



tungauBagi beberapa orang, tungau dapat menyebabkan reaksi alergi pada saluran pernafasan misalnya hidung gatal, bersin-bersin atau asma. Penyebab reaksi alergi tersebut bukan hewan tungau itu sendiri melainkan kotorannya, saat kotoran ini terhirup dapat menimbulkan gejala alergi.

Tungau debu banyak berkembang biak di tempat-tempat hangat, lembab dan terlindung didalam rumah seperti di kasur, bantal, karpet, sofa, boneka, pakaian dan sejenisnya. Rewan mikroskopik berkaki delapan ini suka memakan serpihan kulit manusia maupun binatang.

Sangat sulit membersihkan sama sekali tungau debu dari dalam rumah karena mereka bisa terbawa melalui barang-barang yang kita bawa dari tempat lain, selain itu tungau debu sangat cepat berkembang biak. Yang dapat kita lakukan adalah mengurangi, menghambat perkembang biakannya dan mengurangi dampak buruk yang ditimbulkannya.

Supaya tungau debu tidak betah tinggal dirumah kita yang dapat dilakukan antara lain:

1. Rajin-rajinlah membersihkan rumah dengan lap yang dibasahi antiseptik. Meskipun antiseptik tidak dapat membunuh mereka tetapi setidaknya lap basah bisa membuat mereka mudah menempel di kain sehingga mudah dibersihkan. Zat antiseptik selain membersihkan perabotan dari kuman atau parasit lain juga dapat mengurangi dampak buruk kotoran tungau.

Baca juga :   Gunakan Terapi Musik Untuk Mendukung Kesehatan Fisik Dan Jiwa

Untuk perabotan yang tebal seperti di kasur atau sofa bisa menggunakan vacum cleaner yang menggunakan filter HEPA.

2. Kurangi atau singkirkan tikar, karpet, boneka,pajangan yang tidak perlu dan benda-benda yang berpotensi mejadi sarang tungau debu.

3.  Gunakan AC atau pengatur kelembaban untuk membuat udara lebih kering. Tempat dengan kelembaban yang tinggi merupakan tempat favorit tungau debu.

4. Cuci karpet dan kasur secara teratur. Pencucian akan menghilangkan alergen sedangkan penjemuran selama minimal tiga jam dibawah terik sinar matahari akan membunuh tungau. Kalau tidak dicuci, penjemuran saja efektif membunuh tungau tetapi alergen  tetap ada disana.

Jika gejala alerginya sangat mengganggu, cuci sarung bantal atau sarung guling menggunakan air panas minimal 55 derajat celcius, lebih panas lebih baik. Temperatur yang tinggi tidak hanya membunuh tungau dan mempermudah melarutkan alergen tetapi juga menghilangkan telur-telur tungau.

5. Teh pekat dan minyak eukaliptus

Teh mengandung tanin yang mampu menetralisir alergen. Masukan air teh pekat kedalam botol spray besar kemudian semprotkan di atas karpet, sofa atau kasur. Kelemahan cara ini adalah, teh dapat menimbulkan noda apabila menyemprot terlalu banyak.

Baca juga :   Apakah Yoga Dapat Menurunkan Stres?

Alternatif lain dari teh yakni minyak eukaliptus. Teh atau minyak eukaliptus ini juga bisa dijadikan bahan campuran saat mencuci pakaian.

Membasmi tungau debu didalam rumah gampang-gampang susah. Yang penting rajin membersihkan barang-barang yang berpotensi menjadi tempat hidup tungau.




loading...

Artikel terkait Membersihkan Tungau Penyebab Bersin-Bersin

apakah sinar matahari bisa membunu telur tungau. define: kelemahan tungau.