Home » Makanan dan Minuman » Manfaat Yoghurt â?? Susu Fermentasi Yang Sehat dan Nikmat

Manfaat Yoghurt â?? Susu Fermentasi Yang Sehat dan Nikmat



yoghurt buahYoghurt adalah susu yang difermentasi dengan bakteri asam laktat. Bahan untuk membuat yoghurt ini bisa dari susu apa saja termasuk dari susu kedelai. Rasanya yang masam dan baunya yang khas membuat susu fermentasi ini disukai banyak orang. Biasanya yoghurt disajikan dalam berbagai rasa buah atau bisa juga sebagai bahan tambahan pada es buah, jus dan es krim.

Dibalik rasanya yang nikmat, yogurt memiliki segudang manfaat kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Kaya nutrisi

Yogurt mengandung vitamin dan mineral riboflavin, yodium, seng, kalium, fosfor, dan vitamin B5 (asampantotenat). Yogurt juga mengandung B12, yang menjaga sel darah merah dan membantu menjaga fungsi sistem saraf. Minuman ini juga kaya kalsium sehingga dapat mencegah osteoporosis. Protein yang terkandung didalamnya berfungsi sebagai zat pembangun dan memperbaiki sel yang rusak.

2. Menurunkan kolesterol.

Bakteri probiotik dalam yoghurt membantu menurunkan menurunkan rasio kolestrol jahat dan koleterol baik (LDL/HDL). Semakin rendah rasio kolesterol maka semakin baik.

Baca juga :   Makan Secara Berlebihan Dapat Merusak Otak

3. Mencegah penyakit darah tinggi

setiap hari kita mengkonsumsi garam melebihi kebutuhan tubuh. Kelebihan garam jika berlangsung terus-menerus bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Kandungan potasium dalam yogurt dapat membuang kelebihan sodium dalam tubuh.

4. Baik untuk kesehatan usus besar

Lactobacteria hidup didalam yogurt mendorong pertumbuhan bakteri-bakteri baik didalam usus besar sehingga bisa menekan jumlah bakteri yang merugikan kesehatan. Selain itu yoghurt juga menurunkan resiko kanker usus besar dengan cara menonaktifkan zat berbahaya (seperti nitrat dan nitrit sebelum dikonversi menjadi nitrosamin) sebelum mereka dapat menjadi karsinogenik (zat penyebab kanker).

Selain itu, yogurt juga kaya kalsium. Mengkonsumsi mineral ini 1200 mg perhari dapat menurunkan resiko kanker usus besar hingga 75%.

5. Mencegah infeksi vagina karena jamur kandida

Ini paling sering terjadi pada wanita dengan dibetes. Perubahan PH dapat membuat jamur tumbuh. Peran yogurt yaitu menurunkan PH menjadi normal atau mendekati normal.

6. Melindungi lambung

7. Meningkatkan Imunitas

Manfaat-manfaat ini tidak semua didapat hanya dengan meminum yoghurt sekali atau dua kali tapi sebaiknya minuman sehat dan enak ini dimasukan kedalam daftar diet kita sehingga kita bisa mendapat manfaat maksimal seperti disebutkan diatas.

Baca juga :   Makanan Untuk Mencegah Rambut Rontok

 




loading...

Artikel terkait Manfaat Yoghurt â?? Susu Fermentasi Yang Sehat dan Nikmat

yogurt susu untuk buah.