Home » Info Kesehatan » Makanan dan Minuman » Manfaat Wedang Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat Wedang Jahe Bagi Kesehatan



jaheJahe dianggap sebagai obat tradisional yang baik yang bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Jahe yang biasanya dibuat “wedang” atau minuman ini, diketahui kaya akan senyawa fenol dan mineral. Selain itu jahe juga mengandung Vitamin A, B, dan C, dan senyawa flavonoid dan polifenol. Kandungan antioksidan jahe lebih tinggi daripada  antioksidan vitamin E. Nah, setelah mengetahui kandungan jahe, berikut akan dijelaskan manfaat jahe bagi kesehatan.

Menurut penlitian Universitas Michigan, jahe dapat menyembuhkan kanker usus besar. Dari hasil percobaan yang menggunakan 30 orang relawan ini selama 28 hari, menunjukkan bahwa sel-sel kanker pada usus besar mati ketika masuk ke dalam campuran antara air dan larutan jahe. Kanker usus besar didahului oleh pembengkakan pada usus besar, dan jahe bisa menyembuhkan pembengkakan yang terjadi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa jahe benar-benar bisa membantu melindungi usus besar dari ancaman kanker.

Masalah kesehatan lain yang dapat secara efektif diobati jahe adalah mulas. Mulas merupakan gangguan pada pencernaan. Jahe merupakan obat yang efektif terhadap mulas karena jahe mengandung fenol, yang dapat menyembuhkan mulas pada perut.

Baca juga :   Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Manfaat lain jahe adalah kemampuannya untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Jahe mengandung fitokimia dan anti-oksidan yang menyerang radikal bebas dalam tubuh.

Jahe dapat membantu mengurangi sakit kronis pada penyakit arthritis. Jahe dapat membantu mengurangi tingkat rasa sakit kronis akibat arthritis dan kejang pada otot dikarenakan jahe dapat menghambat produksi prostaglandin pada tubuh. Prostaglandin adalah hormon yang pada dasarnya diproduksi oleh tubuh yang bertanggung jawab terhadap peradangan . Jahe juga mengandung efek anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit.

Jahe juga mempunyai manfaat sebagai obat anti penuaan. Hal itu dikarenakan jahe mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Jahe merupakan salah satu obat paling aman. Jahe juga diketahui kaya akan mineral dan nutrisi. 100 gram jahe diketahui mengandung 80 kalori, 17,77% karbohidrat, 0,75% lemak, 1,82% protein, 2% serat dan kolesterol 0%. Yang dapat digunakan untuk mengobati diare, pembekuan darah, dan dapat menyembuhkan alergi. Salah satu manfaat jahe yang paling umum dikenal adalah bahwa jahe dapat menyembuhkan batuk, pilek dan gatal pada tenggorokan

Jahe dapat menghangatkan pembuluh darah, yang akan menyebabkan peningkatan sirkulasi. Manfaat ini sangat berguna bagi orang yang menderita efek samping karena obat-obatan kimia dan anti-biotik.

Baca juga :   5 Makanan Penurun Kadar Kolestrol Tinggi

Jahe dapat dikonsumsi dengan dibuat minuman â??wedang jaheâ?. Yang dapat dinikmati saat pagi, atau menjelang tidur. Atau jahe juga dapat dinikamti dalam bentuk permen atau olahan lain.




loading...

Artikel terkait Manfaat Wedang Jahe Bagi Kesehatan

jahe untuk tipes. Apakah jahe bisa obati tifes. bolehkah orang sakit tipes minum jahe. sakit tifus boleh mkana jahe?.