Manfaat Teh Hijau



green teaManfaat kesehatan teh hijau. Jika anda orang yang menggemari minum teh hijau teta ppertahankan aktivitas ini, karena kandungan katehin banyak terdapat pada teh hijau, katehin merupakan zat antioksidan tinggi yang mempunyai fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ada banyak alasan yang mendasari produsen minuman ringan menjadikan teh hijau sebagai salah satu minuman yang banyak memberikan manfaat kesehatan. Bagi Anda yang menggemari minuman bersoda, ada baiknya untuk mulai menggantinya, karena para ahli sudah meneliti dan menemukan 10 manfaat teh hijau, berikut penjelasannya:

1. Teh hijau memberikan perlindungan pada kanker. Sebuah penjelasan dari U.S. National Cancer Institute bahwa teh hijau mempunyai kandungan polifenol yang berguna untuk mencegah kanker.

Dari sebuah penelitian berikutnya menyatakan bahwa kandungan oksidan tak aktif polifenol membantu mengurangi ukuran serta jumlah tumor, dan juga menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Penelitian yang sama juga sudah dilakukan mengenai kanker payudara, kandung kemih, ovarium, paru-paru, esophagus, perut, prostat, dan bermanfaat untuk kulit.

2. Teh hijau berguna untuk mencegah aterosklerosis. Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang diperaya memiliki kemampuan dalam mencegah penumpukan lemak yang ada pada pembuluh darah dengan cara melakukan penekanan pada proses oksidasi kolesterol jahat (LDL). Kemungkinan terjadinya penggumpalan darah juga dapat dikurangi dengan antioksidan. Selain itu, antioksidan membantu arteri jadi lebih rileks sehingga proses aliran darah menjadi lebih lancar.

3. Teh hijau berguna untuk menjaga kadar HDL (kolesterol baik). Hasil dari sebuah penelitian menjelaskan bahwa secara keseluruhan teh hijau mempunyai kemampuan untuk menurunkan kolesterol, disamping itu juga meningkatkan HDL hewan dan manusia. Teh hijau juga mempunyai kandungan polifenol yang berguna untuk menghadang terjadinya proses penyerapan usus dan membantu tubuh melancarkan pengeluarannya.

4. Teh hijau berguna untuk mengendalikan diabetes. Secara tradisional teh ini sudah digunakan untuk mengendalikan kadar gula pada tubuh. Ditunjukkan juga dalam beberapa penelitian bahwa di dalam tubuh, teh hijau mampu membantu mengatur glukosa.

5. Teh hijau berguna untuk melawan penyakit yang ada di dalam hati. Memberikan perlindungan pada hati dari beberapa efek buruk senyawa yang beracun, contohnya alkohol.

6. Membantu menurunkan berat badan. Terdapatnya ekstrak teh hijau berguna untuk meningkatkan metabolisme serta melakukan pembakaran lemak. Di duga oleh beberapa peneliti bahwa polifenel (lebih khusus katekin) yang mempunyai peran dalam membakar lemak.

7. Membantu dalam rileksasi. Perasan rileks dapat terbangun dengan meminum secangkir teh hijau dan juga secangkir teh hijau mempunyai kadungan asam amino L-teanin yang berguna untuk meningkatkan daya ingat.

8. Teh hijau berguna untuk meningkatkan sistem imun (daya tahan tubuh). The Brigham and Womenâ??s Hospital melakukan penelitian dengan memperoleh hasil bahwa teh hijau mempunyai kandungan teanin yang berguna untuk meningkatkan kemampuan sel Gamma Delta T dalam melakukan perlawanan terhadap penyakit serta membantu tubuh untuk melawan infeksi.

9. Teh hijau berguna menjadikan sistem pencernaan serta pernafasan kuat, berkat adanya kandungan bioflavonoid.

10. Teh hijau berguna dalam mencegah gigi berlubang karena sifatnya sebagai anti bakterial.

Sangat dianjurkan untuk meminum teh hijau dalam sehari sebanyak dua sampai tiga cangkir, karena terdapat kandungan polifenol sebanyak 240-329mg. Cara tersebut merupakan cara terbaik untuk memperoleh antioksidan teh hijau.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari teh hijau, perlu juga mengetahui cara penyajian yang baik. Caranya yakni, gunakanlah air mineral jangan air keran. Seduh air dengan panas mencapai 80 derajat celcius. Untuk teh yang baik adalah yang berasal dari daun. Takaran yang baik, yakni 200 cc air untuk dua sendok teh hijau. Supaya rasa dan aroma dapat kita peroleh, lakukanlah penyeduhan teh tidak lebih dari 2 menit.

untuk mendapatkan manfaat teh hijau untuk kesehatan secara maksimal sebaiknya janganlah mencampur teh dengan apapun, baik dari gula atau susu. Hal ini untuk mendapatkan fungsi katehin secara maksimal. Disarankan untuk meminum teh yang sudah diseduh jangan lebih dari 20 menit, ini untuk menghindari jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan menghindarkan wanita dari kanker ovarium, serta menghindarkan pria dari serangan kanker pankreas.




Manfaat Teh Hijau | mysite | 4.5