Manfaat Susu Kedelai Buat Wanita



Susu kedelai dibuat dengan menambahkan air dan kedelai kemudian ditumbuk sampai halus. Ini adalah salah satu produk susu yang disukai oleh mereka yang vegetarian. Secara alami susu kedelai rendah lemak tak jenuh dan bebas dari kolesterol. Di dalam susu kedelai terdapat vitamin D, kalsium, dan sangat baik untuk perempuan karena dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. Konsultasikan dengan ahli kesehatan atau dokter untuk mengetahui apakah susu kedelai aman dikonsumsi.

Kanker Payudara

Di dalam susu kedelai terdapat kandungan fitoestrogen yang menyerupai estrogen dalam strukturnya. Fitoestrogen kedelai lebih lemah dari estrogen endogen, tapi mampu bekerja sebagai anti estrogen. Beberapa kanker payudara muncul karena kadar estrogen yang tinggi. Oleh sebab itu efek dari estrogen harus dihambat, fitoestrogen mampu mencegah hormon yang terkait dengan kanker payudara, hasil studi tahun 2010 dari University at Buffalo.

Gejala Menopause

Beberapa wanita yang sedang terkena menopause mengalami berbagai komplikasi, ini disebabkan kadar estrogen yang rendah. Susu kedelai dapat dijadikan alternative pengobatan alami gejala menopause. Fitoestrogen akan meniru tindakan estrogen dan akan membantu mengelola hormone yang tidak seimbang. Denga hal ini akan membantu untuk meringankan beberapa gejala yang ada kaitannya dengan menopause, misalnya rasa panas, berat badan, perubahan suasana hati dan kekringan vagina.

Baca juga :   Beberapa Pantangan Dan Tips Pencegah Keguguran

Osteoporosis

Peran dari estrogen sangat penting untuk mempertahankan kepadatan mineral dalam tulang wanita. Oleh sebab itu banyak kita jumpai nyeri tulang karena keropos seperti osteoporosis banyak dialami oleh wanita tua ketika tubuhnya mengalami penurunan dalam memproduksi estrogen. Fitoestrogen pada susu kedelai mempunyai efek yang positif pada kepadatan mineral tulang. Fitoestrogen pada kedelai mempunyai kesamaan fungsional dengan estrogen endogen yang mampu mengimbangi penurunannya seiring dengan bertambahnya umur.

Serangan Jantung

Wanita memiliki risiko yang lebih tinggi menagalami serangan jantung daripada laki-laki. Wanita yang mengalami serangan jantung sekitar 450.000 wanita atau setiap tahunnya terjadi kasus koroner di Amerika. Terjadinya serangan jantung sebagai akibat dari terbentuknya gumpalan darah di dalam hati dan terhambatnya srteri koroner yang berperan easok darah ke jantung. Dengan meminum susu kedelai akan membantu mencegah terjadinya pembekuan darah dan mengurangi risiko terkena serangan jantung. Menurut Food and Drug Administration, merekomendasikan konsumsi kedelai per hari sedikitnya 25g protein, ini membantu untuk memperoleh jantung yang sehat.

Baca juga :   Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah



loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *