Home » Makanan dan Minuman » Manfaat Susu Bagi Kesehatan

Manfaat Susu Bagi Kesehatan



manfaat susu untuk kesehatanSiapa yang tidak tahu dan tidak pernah minum susu, semua orang pasti pernah minum susu mulai dari balita, anak-anak, bahkan orang dewasa pun juga gemar minum susu. Susu sendiri banyak sekali jenisnya seperti susu cair, susu bubuk, ASI, bahkan susu kedelai pun juga ada ada.

Masing-masing dari jenis susu tersebut banyak sekali manfaatnya. Sebut saja seperti ASI yang memiliki zat anti bodi, protein tinggi, dan komposisi gizi yang paling lengkap yang paling dibutuhkan oleh bayi usia 0 sampai dengan 2 tahun. Sedangkan susu kedelai mampu mengatasi sulitnya pencernaan dalam usus, mengurangi kolesterol dalam darah, menekan dan mencegah penyakit jantung koroner, hipertensi, dan stroke. Banyak sekali manfaat susu kedelai khususnya bagi orang dewasa yang menderita berbagai macam penyakit.

Sebenarnya semua susu itu sehat, hanya saja kembali lagi manfaat apa yang kita butuhkan dari susu tersebut. Berikut manfaat-manfaat susu secara umum yang bagus untuk kesehatan;

#1 Kaya akan kalsium

Susu memiliki banyak akan kalsium yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang, dan gigi. Osteoporosis bisa di tekan dengan selalu mengkonsumsi susu setiap hari, dan juga gigi akan mengalami pertumbuhan yang baik karena asupan kalsium yang tinggi. Manfaat kalsium juga sebagai pelindung tubuh dari berbagai macam penyakit seperti rematik, migrain, sindrom pra-menstruasi. Jadi kalsium dalam susu sangat baik untuk pertumbuhan tubuh.

Baca juga :   Seafood Ini Perkecil Risiko Sakit Jantung

#2 Sebagai rehidrasi

Susu mengandung molekul air yang dianggap sangat baik bagi rehidrasi. Rehidrasi sendiri merupakan tahap dimana tubuh mendapatkan cairan kembali setelah banyak cairan tubuh terbuang baik melalui urine ataupun keringat yang disebabkan oleh aktifitas yang menguras energi. Cairan merupakan elemen yang sangat penting bagi tubuh manusia sehingga tubuh harus selalu di isi ulang secara berkala agar tetap prima dan kesehatan pun terjaga.

#3 Sebagai perawatan kulit

Sejak ribuan tahun, susu dikenal bermanfaat bagi kulit kita dengan membantu menjaga kelambaban dan kehalusan kulit. Oleh karena itu, pada saat ini produk susu yang digunakan dalam sejumlah komposisi kosmetik. Asam laktat pada susu berfungsi sebagai peremajaan kulit dan mengangkat sel mati.

#4 Meningkatkan asupan pada makanan

Minum susu secara teratur dapat meningkatkan asupan yang tidak terdapat pada makanan biasa, karena susu mengandung vitamin dan mineral yang penting guna menunjang kesehatan pada tubuh. Oleh sebab itu sering kita dengar bahwa makanan lengkap harus ditunjang dengan susu agar mencapai empat sehat lima sempurna.

Baca juga :   Hilangkan Bekas Jerawat Dengan Menggunakan Masker Tomat

#5 Sumber berbagai macam vitamin dan mineral

Sebenarnya banyak sekali kandungan vitamin didalam susu seperti vitamin A dan vitamin B yang berfungsi sebagai penjaga kesehatan mata dan tubuh dan secara optimal tubuh juga memerlukan asupan vitamin yang tidak pernah kita dapatkan dari makanan. Selain itu susu mengandung karbohidrat untuk vitalitas dan energi, kalium untuk fungsi syaraf, magnesium untuk fungsi otot, fosfor untuk rilis energi, protein untuk perbaikan tubuh dan pertumbuhan.

#6 Kurangi stres dengan minum susu

Minum segelas susu pada sore hari adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres. Susu hangat akan membantu menenangkan syaraf dan mengendurkan otot tegang. Susu juga Susu juga telah terbukti mengurangi gejala PMS, membuat tidur lebih nyenyak bagi yang sulit tidur dan meningkatkan energi.

Sebagai tambahan, dari milk.co.uk susu juga dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dengan memperbaiki kolesterol dan menurunkan resiko dibetes tipe 2.




loading...

Artikel terkait Manfaat Susu Bagi Kesehatan