Home » Info Kesehatan » Penyakit dan Terapi » Manfaat Suplemen Ginkgo Biloba untuk Otak dan Organ Reproduksi

Manfaat Suplemen Ginkgo Biloba untuk Otak dan Organ Reproduksi



manfaat ginkgo bilobaAnda mungkin pernah lupa sesuatu yang baru saja akan dikatakan atau dilakukan. Kalau hal ini terjadi sesekali saja mungkin masih wajar namun apabila sering terjadi mungkin anda perlu melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Di Jerman, penyakit lupa atau pikun dicegah dengan daun ginkgo biloba. Praktek yang dilakukan orang jerman ini sudah dikonfirmasi oleh berbagai penelitian yang dilakukan sejak tahun 1960 hingga pada akhirnya pada tahun 1980 penggunaan Ginkgo biloba disahkan oleh komisi E jerman untuk mempertahankan dan membantu kesehatan otak. Sampai sekarang di Perancis dan Jerman, suplemen Ginkgo Biloba termasuk suplemen yang paling banyak diresepkan.

Di ketahui bahwa ekstrak ginkgo biloba melancarkan peredaran darah tepi (perifer) yang jauh dari jantung seperti ujung jari, daun telinga. Peredaran darah yang baik di organ-organ perifer membuat seseorang merasa tidak cepat lelah dan merasa segar.

Meskipun tidak semua studi ilmiah menyetujuinya, ginkgo biloba dapat membantu mengobati demensia (termasuk penyakit Alzheimer) dan klaudikasio intermiten, atau sirkulasi yang buruk di kaki. Tanaman ini juga meningkatkan memori pada orang dewasa tua meskipun bisa juga digunakan pada orang yang berumur masih muda. Studi laboratorium telah menunjukkan bahwa ginkgo biloba meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah dan mengurangi kekakuan trombosit darah.

Baca juga :   5 Jenis Hepatitis Yang Perlu Anda Tahu

Selain memanfaatkan buah dan daunnya untuk mengobati penyakit jantung dan penyakit yang berhubungan dengan paru-paru, penduduk Cina kuno juga mengsangrai bijinya untuk dimakan. Konon rasanya seperti biji buah mete goreng, gurih dan manis. Saat itu biji ginkgo biloba sering disantap oleh keluarga kaisar. Kemudian pada tahun 1700an orang mulai meneliti manfaat dari ginkgo biloba secara ilmiah.

Pohon ginkgo biloba ukurannya tergolong besar dan tinggi. tingginya bisa mencapai 20-35 meter dan tumbuh baik di iklim sedang. Di Cina pohon ini bisa mencapai 50 meter. Saat ini di provinsi Shandong masih ada pohon ginkgo yang berumur 3000 tahun.

Di Indonesia jarang ditemukan pohon ginkgo biloba karena iklimnya yang panas namun kita bisa dengan mudah menemukan suplemen yang mengandung ekstrak tanaman ini. Jika ingin mendapatkan ramuan aslinya, kita juga bisa mendapatkan di toko obat Cina.

Karena kemampuannya yang baik untuk meningkatkan suplai darah ke pembuluh darah yang sempit seperti di otak yang memiliki struktur pembuluh darah rumit dan kecil-kecil, para ahli merekomendasikan ginkgo biloba untuk menjaga kesehatan otak.

Baca juga :   3 Pilihan Remaja Cerdas Agar Menjadi Remaja Sehat

Selain meningkatkan peredaran darah ke otak, suplemen ginkgo biloba juga memiliki efek antioksidan yang melindungi sel dari gempuran radikal bebas. Suplemen ginkgo biloba yang dijual di pasaran umumnya mengandung 6-12 persen terpenoid dan 24-32 persen flavonoid sehingga suplemen ini juga memiliki kemampuan perlindungan untuk sel otak.

Manfaat ginkgo biloba lainnya untuk meningkatkan produksi ATP (adenosin trifosfat). Produksi trifosfat yang tinggi memacu metabolisme glukosa untuk pembentukan energi. Akibatnya otak mendapatkan pasokan energi yang cukup untuk aktifitas yang mengingat dan berfikir yang tinggi.

Jaringan elektrik tubuh juga dipacu karena produksi ATP yang tinggi. Ditambah manfaatnya untuk melonggarkan pembuluh darah, ginkgo biloba juga dipercaya baik untuk organ dan fungsi reproduksi.




loading...

Artikel terkait Manfaat Suplemen Ginkgo Biloba untuk Otak dan Organ Reproduksi

daun ginkgo. ginkgo biloba adalah nama ilmiah dari. suplemen yang mengandung ginkgo biloba. ginkgo biloba adalah nama ilmiah untuk. daun ginko. daun gingko. manfaat daun ginkgo.