Manfaat Pektin Apel Bagi Kesehatan



pektin apel

pektin apel

Apel menawarkan lebih dari sekedar rasa yang enak. Buah ini adalah sumber pektin, sejenis serat larut yang ditemukan pada dinding sel dan jaringan tanaman. Sementara semua buah dan sayuran bisa mengandung pektin, namun jumlah dan konsentrasi sangat tinggi dalam apel. Selain memakan apel mentah segar, apel pektin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen seperti tablet. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin pektin apel dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan kita karena memiliki banyak efek menguntungkan baik di pencernaan dan sistem kardiovaskular.

Berikut adalah fungsi dari pektin Apel
1. Pektin apel membantu membuang racun di saluran pencernaan. Pektin membentuk gel selama proses pencernaan yang melapisi usus yang akan membantu menyapu racun keluar dari saluran pencernaan dan menghilangkannya melalui gerakan usus.

2. Pektin apel membantu dalam penurunan berat badan. Selain racun, pektin juga dapat membantu menyapu lemak yang tidak diinginkan dari tubuh kita. Hal ini juga membantu meningkatkan intensitas buang air besar yang merupakan faktor penting dalam setiap program penurunan berat badan.

3. Pektin apel membantu tingkat keseimbangan asam. Apel pektin diyakini memiliki efek menguntungkan pada saluran pencernaan karena membantu keseimbangan keasaman di usus besar. Hal ini juga membantu meringankan gejala maag, acid reflux, hyperacidity dan asam-kondisi terkait.

4. Pektin apel membantu mengurangi risiko pengembangan sindroma metabolik. Sindrom metabolik adalah sekelompok faktor yang paling berisiko untuk penyakit jantun, termasuk juga hipertensi, obesitas, diabetes dan kolesterol tinggi. Pektin apel membantu meningkatkan kesehatan jantung baik dan mencegah sindrom metabolik dengan mengurangi kolesterol dan kadar gula dalam darah tubuh.

5. Pektin apel membantu mencegah dari pembentukan batu empedu. Hal ini juga membantu memecah batu empedu dan flush jika sudah ada batu empedu di dalam tubuh.

6. Pektin apel membantu mencegah kanker tertentu. Apel pektin dianggap sebagai antioksidan yang kuat sehingga hal ini membantu mengurangi risiko kanker seperti kanker usus dan kanker lainnya yang berhubungan dengan pencernaan.

Untuk menuai manfaat kesehatan dari buah apel ini. Anda akan perlu makan sedikitnya dua buah apel segar setiap hari. Namun, jika Anda tidak makan apel atau jika Anda tidak punya waktu dan sumber daya untuk membeli apel setiap hari, Anda dapat memilih untuk mengambil suplemen apel pektin sebagai gantinya. Hal ini menawarkan manfaat yang sama seperti apel segar tanpa kerumitan tambahan.




Manfaat Pektin Apel Bagi Kesehatan | mysite | 4.5