Home » Makanan dan Minuman » Manfaat Nutrisi yang Terdapat Dalam Alpukat

Manfaat Nutrisi yang Terdapat Dalam Alpukat



Banyak sekali orang yang menghindari buah alpukat karena merasa khawatir dengan kandungan lemak yang ada di dalamnya. Sebenarnya lemak yang terdapat pada buah ini adalah lemak tak jenuh yang sangat menyehatkan. Begitu banyakya kandungan gizi yang dimiliki buah ini, seharusnya sudah menjadi kewajiban untuk mengkonsumsinya. Pastinya Anda semua penasaran, kandungan apa saja yang dimiliki buah ini? berikut penjelasannya:

1. Protein

Tubuh memerlukan 18 asam amino esensial yang digunakan dalam membentuk protein lengkap dan kabar baiknya semua itu sudah tersedia dalam alpukat. Protein yang ada pada alpukat berbeda dengan jenis protein yang ada dalam daging, karena protein yang ada dalam alpukat sangat mudah dicerna dan diserap tubuh karena di dalam alpukat juga terdapat kandungan serat. Alpukat dapat dijadikan solusi terbaik bagi Anda yang sedang melakukan proses diet dengan mengurangi sumber protein dari hewani dan juga bagi vegetarian yang ingin menambah jumlah protein.

2. Lemak bermanfaat

Lemak sehat yang terdapat pada alpukat sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh Anda. seperti halnya minyak zaitun, ternyata alpukat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol yang baik atau HDL. Fungsi dari kolesterol HDL adalah untuk melindungi beberapa kerusakan yang terjadi karena radikal bebas. Yang lebih mengejutkan lagi bahwa kolesterol jenis ini dapat mencegah terjadinya diabetes dan mengatur kadar trigliserida. Penelitian dari Canadian Medical Association Journal mengungkapkan kadar lemak kolesterol jahat atau LDL dapat dikurangi dengan proses diet vegetarian yang di dalamnya terdapat lemak HDL.

Baca juga :   Perbedaan Nutrisi Antara Jagung Manis Putih Dan Kuning

3. Karotenoid

Alpukat juga menghasilkan karotenoid dan phytonutrient. Buah alpukat terkenal dengan berbagai macam jenis karotenoid yang ditawarkan, seperti alfa karoten, beta karoten, serta lutein dan juga aneka macam dari jenis phytonutrient seperti zeaxanthin, neoxanthin, neochrome, chrysanthemaxanthin, violaxanthin dan beta cryptoxanthin.

Vitamin A yang terdapat pada makanan yang banyak mengandung karotenoid sangat baik bagi kesehatan mata. Kegunaan lain dari karotenoid, untuk membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dan fungsi sistem reproduksi menjadi meningkat. Penyerapan nutrisi menjadi optimal karena di dalam lemak karetonid dapat larut.

4. Anti inflamasi

Manfaat besar dari efek kombinasi nutrisi yang terkandung pada alpukat berfungsi sebagai anti peradangan atau inflamasi. Kandungan kombinasi nutrisi yang ada dalam alpukat adalah vitamin C, vitamin E, selenium, pitosterol, omega3 dan karotenoid. Omega3 dapat membantu jika terjadi peradangan. Adanya hal ini, membuktikan bahwa alpukat sangat membantu untuk mengurangi risiko penyakit rematik dan penyakit osteoarthritis.

5. Kesehatan jantung

Banyak sekali anggapan yang mengatakan bahwa kandungan lemak yang terdapat dalam alpukat sangat berbahaya bagi kesehatan. Sebaliknya lemak ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Hal ini di dasarkan pada penelitian yang menyatakan kandungan asam oleat yang terdapat dalam alpukat sangat baik buat kesehatan jantung. Asam lemak yang paling utama dalam alpukat adalah asam oleat.

Baca juga :   Manfaat Susu Kedelai Buat Wanita

6. Sebelum mengkonsumsi sebaiknya pilih dulu

Anda jangan memilih buah alpukat yang terlalu matang, hal ini dilakuan untuk mendapatkan hasil gizi yang maksimal. Sebaiknya memilih buah alpukat yang tidak penyok dan terasa lembek bila dipegang. Seharusnya alpukat yang matang kulitnya tidak penyok dan ketika ditekan akan terasa empuk.




loading...

Artikel terkait Manfaat Nutrisi yang Terdapat Dalam Alpukat