Manfaat Minyak Zaitun Bagi Perempuan



Sekarang ini warga masyarakat disarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun, baik dikonsumsi secara langsung atau digunakan untuk memasak. Dari hasil beberapa studi, minyak zaitun ternyata mempunyai banyak manfaat, seperti membantu mencegah beberapa penyakit yang di derita perempuan.

Kandungan lemak yang terdapat dalam minyak zaitun adalah kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan dan tubuh. Minyak zaitun sendiri mempunyai aroma tersendiri yang dihasilkan dari buah zaitun yang diolah dengan cara diperas. Terkadang untuk penggunaannya, minyak zaitun dicampur dengan bahan rempah-rempah.

Dengan mengunakan atau mengkonsumsi minyak zaitun banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil, seperti pemanfaatan minyak zaitun untuk mencegah 5 penyakit yang dapat mengancam kesehatan wanita, berikut penjelasannya:

Penyakit jantung dan stroke

Bagi perempuan, penyakit ini selalu menjadi ancaman yang berbahaya, walaupun untuk jumlah penderitanya tidak sebanyak laki-laki. Menurut Food and Drug Administration (FDA), mengganti konsumsi lemak jenuh dengan minyak zaitun 2 sendok saja sudah cukup untuk membantu mengurangi risiko dari penyakit jantung koroner yang dapat mengakibatkan stroke serta serangan jantung.

Baca juga :   Penyebab Nyeri Tulang

Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal hingga 80% yang berguna untuk meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dan membuat kadar LDL atau kolesterol jahat menjadi turun.

Kanker

Mayo Clinic menjelaskan bahwa penyebab terbesar ke 2 kasus kematian pada wanita adalah kanker paru, payudara dan usus besar. Hasil penelitian dari Cornell University menemukan, untuk menurunkan risiko serta memerangi kanker dapat dilakukan dengan teratur mengkonsumsi minyak zaitun karena di dalam minyak zaitun terdapat kandungan asam oleat serta antioksidan.

Penyakit alzheimer

Alzheimer’s Association pada tahun 2008 melakukan studi yang menemukan bahwa yang lebih rentan terkena penyakit Alzheimer adalah perempuan jika dibandingkan dengan laki-laki. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun dapat mencegah penyakit ini.

Hal itu diambil dari hasil studi Northwestern University dan Monell Chemical Senses Center, para peneliti yang terlibat mengatakan dalam minyak zaitun terdapat senyawa alami oleocanthal yang berguna untuk mencegah serta mengobati penyakit Alzheimer.

Diabetes

Rekomendasi dari American Diabetes Association, yaitu penggunaan minyak zaitun akan menjadi lebih sehat, hal tersebut harus menjadi bahan pertimbangan untuk memasukan minyak zaitun ke dalam daftar diet Anda atau memasukannya ke dalam pola makan Anda untuk mengontrol diabetes. Menurut European Food Information Council bahwa kadar glukosa darah dapat dikurangi dengan mengkonsumsi minyak zaitun, turunnya kadar glukosa darah tentu saja sangat baik bagi penderita diabetes.

Baca juga :   Kewajiban Memberikan ASI Ekslusif



loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *