Home » Makanan dan Minuman » Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan



sari kurmaManfaat kurmauntuk kesehatan mulai populer belakangan ini. Buah kurma memiliki karakteristik rasa manis dan daging yang berserat lembut. Sebagian besar gula yang dikandung adalah gula sederhana fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan diubah menjadi energi. Setiap butir kurma rata-rata mengandung 24 kalori dan setiap 100 gram mengandung 258 kalori.

Gula yang terkandung dalam kurma matang kurang lebih 80%, ditambah dengan protein dan berbagai macam mineral membuat kurma sering dijadikan makanan penyuplai energi sekaligus makanan kesehatan. Kandungan kolesterol, lemak, sodium yang didalamnya cukup rendah sedangkan kandungan potassiumnya tinggi.

Sudah menjadi kebiasaan umat muslim memakan 3 butir kurma dan minum air pada saat berbuka puasa, memakan beberapa butir kurma memulihkan energi secara instan dan menghilangkan rasa lapar, mencegah terlalu banyak memakan makanan saat berbuka.

Serat larut

Jumlah serat yang direkomendasikan antara 20-35 gram sehari. Lima atau enam butir kurma sudah dapat memenuhi 14 persen dari kuota serat yang dibutuhkan. Mencukupi kebutuhan serat setiap hari menurunkan resiko terkena diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Baca juga :   Istimewanya Buah Naga

Potassium

Buah kurma mengandung 240 mg potasium per sajian (5-6 butir). Potasium adalah meneral yang dibutuhkan untuk kontraksi otot termasuk otot jantung dan menjaga kesehatan sistem syaraf. Mineral ini tidak disimpan dalam tubuh jadi perlu asupan harian yang cukup dari makanan atau suplemen.

Vitamin B kompleks

Thiamine, riboflavin, niacin, vitamin B6 dan asam panthotenat yang ada dalam buah kurma bertanggung jawab dalam banyak proses dalam tubuh seperti pembentukan sel darah, metabolesme protein, karbohidrat, lemak dan banyak proses lainnya.

Manfaat kurma

Mengkonsumsi kurma secara teratur dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti:

Sembelit: Untuk mengatasi sembelit rendam kurma dalam air matang semalaman kemudian konsumsi pada pagi hari seperti minum sirup atau bila ingin lebih cepat, potong kurma kecil-kecil dan blender hingga halus. Anda bisa menambahkan yoghurt dan kismis jika suka. Minum jus kurma ini secara teratur karena sembelit biasanya memerlukan waktu untuk terkoreksi dengan baik.

Gangguan usus : Nikotinat yang terkandung didalamnya bermanfaat untuk usus karena mampau mengendalikan organisme patologis sehingga bakteri menguntungkan dapat tumbuh didalam usus.

Baca juga :   Kandungan dan Manfaat Hewan Bekicot Bagi Kesehatan

Menambah berat badan: Jumlah kalori yang tinggi pada kurma dapat membantu mereka yang terlalu kurus untuk menaikkan berat badan.

Selain itu kurma juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, kelemahan seksual, kanker perut dan diare.

Meskipun nilai gizinya tinggi tetapi tetap perlu pilih-pilih saat membeli. Pilih yang bentuknya masih bagus dan dikemas rapi karena permukaannya yang lengket mudah ditempeli kotoran.




loading...

Artikel terkait Manfaat Kurma Bagi Kesehatan