Manfaat Kopi Selain Menghilangkan Kantuk



kopiSecangkir kopi untuk mengawali semangat di pagi hari. Itulah kebiasaan yag dilakukan sebagian besar orang sebelum beraktifitas. Dengan minum kopi di pagi hari akan menghindarkan kita dari rasa kantuk di pagi hari sehingga kerja pun lebih semnagat. Selain itu, biasanya kopi diminum ketika bergadang karena minuman ini membuat mata tetap terjaga meski sudah waktunya tidur.

Sebagai salah satu minuman yang paling populer, kopi memiliki banyak sekali khasiat. Meskipun,  dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, selama dikonsumsi secara bijak, kopi mempunyai maanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat dari minum kopi untuk kesehatan:

  1. .Nutrisi otak. Kafein di dalam kopi j bisa menjaga fungsi otak tetap terjaga. Banyak orang terutama pecandu kopi mengaku susah konsentrasi jika sehari saja tidak minum kopi. Denga adanya antioksidan pada kopi, kerusakan sel otak dapat dicegah. Selain itu, antioksidanya dapat membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik.
  2.  Menghilangkan stres. Dengan menghirup aroma kopi akan menimbulkan efek relaks, sehingga dapat membantu meredakan stress.
  3.  Melembutkan kulit. Selain untuk diminum, kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik untuk melembutkan kulit. Kopi yang dipakai untuk masker, lulur, dan scrub dapat  melembutkan sekaligus menyegarkan kulit. Caranya dalah campurkan seccangkir ampas kopi dengan 1/2 cangkir ( untuk mengangkat sel kulit mati) dan 1/2 sendok makan minyak jojoba. Kemudian oleskan campuan tersebut dengan gerakan memutar dan biarkan sampai kering. Selanjutnya bersihkan dengan air hangat.
  4. Membangkitkan stamina. Kafein dalam kopi dapat memacu kerja jantung, meningkatkan suplai darah ke otot meningkat sehingga tidak cepat kehabisan tenaga. Oleh karena itu, kopi bisa dijadikan minuman berenergi alami yang tidak menggunkan campuran bahan kimia buatan.
  5. Mencegah kanker. Di dalam seruk kopi mmengandung senyawa fitokimia yang bersifat antioksidan yang dapat melawan senyawa radikal bebas penyebab kanker. Dengan minum kopi secara terartur bisa mengurangi risiko kanker endometrium pada perempuan dan kanker prostat pada laki-laki.
  6.  Mengurangi resiko diabetes. Kandungan zat-zat dalam kopi dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah, sehingga dapat mencegah timbulnya diabetes. Dengan  meminum kopi sebelum makan atau ketika perut dalam keadaan kosong bisa berguna menurunkan kadar gula darah sampai dengan 50%.
  7. Melindungi jantung dan mencegah stroke. Kandungan antioksidan pada kopi dapat membantu menahan efek buruk peradangan pada arteri. Oleh karena itu, untuk menurnkan resiko stroke kita bisa meminum kopi sebanyak 1-2 cangkir perhari.
Baca juga :   4 Makanan Penting Bagi Ibu Hamil

Meskipun banyak manfaat dari minum kopi, akan tetapi mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan.




loading...
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *