Home » Makanan dan Minuman » 10 Manfaat Kesehatan Makan Pisang

10 Manfaat Kesehatan Makan Pisang



manfaat pisangPisang adalah salah satu buah yang paling populer di dunia. Buah kuning kaya kalium ini dijual dengan harga terjangkau, mudah dikonsumsi dan dapat dikreasikan menjadi bahan makanan yang beraneka macam. Dibalik rasanya yang manis dan ramah di lidah, pisang juga dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut ini adalah 10 manfaat kesehatan makan pisang:

1. Sebagai sumber energi

Pisang mengandung tiga jenis gula yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Gula dan karhohidrat yang terdapat dalam pisang mudah dicerna namun tidak terlalu cepat dilepaskan dalam darah sehingga orang yang makan pisang cepat mendapat sumber energi namun bisa bertahan lebih lama dari gula pasir atau sirup. Selain itu pisang juga mengandung vitamin B kompleks untuk pembentukan energi.

2. Mendukung kinerja otak

Hasil penelitian yang di muat di uniqee.com menyimpulkan bahwa pisang membantu keinerja otak menjadi lebih baik. 200 orang pelajar di sebuah sekolah di Inggris diminta untuk membiasakan diri sarapan, camilan jam istirahat dan makan siang dengan pisang. Hasilnya siswa-siswa tersebut mampu menyelesaikan ujian akhir dengan baik.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam buah pisang membuah buah tropis ini dapat digunakan untuk mencegah darah tinggi.

4. Buah pisang untuk mengurangi stres.

Kandungan potasium bermanfaat menormalkan detak jantung. Kombinasi berbagai zat gizi yang terkandung dalam pisang mengatur keseimbangan kelembaban dalam tubuh dan memperbaiki pengiriman oksigen ke otak.

Orang yang mengalami stres dan depresi, potasium ditubuhnya akan menurun dengan drastis mengakibatkan metabolisme meningkat. Kandungan potasium dalam buah ini yang tinggi memberikan suplai untuk tubuh kita sehingga stres dapat dikurangi.

5. Menurunkan resiko stroke.

Ini  dibuktikan dengan menurunnya resiko stroke hingga 40% pada orang yang secara rutin mengkonsumsi pisang. Potasium menjadi nutrisi yang penting dalam menurunkan resiko kematian karena stroke.

6. Menetralkan asam lambung penderita maag

Pisang tidak menimbulkan iritasi maupun kerusakan karena maag. Asam lambung juga bisa dinetralkan dengan pisang. Makan pisang ditambah segelas susu baik untuk seseorang yang memiliki kolik atau penyakit usus  akibat asam lambung.

7. Memperbaiki mood

Triptofan atau vitamin B6 berperan penting untuk memproduksi hormon serotonin. Salah satu fungsi hormon ini mengatur suasana hati dan menenangkan pikiran. Bagi kamu yang sedang stres dan membutuhkan suasana hati yang lebih baik tidak ada salahnya lebih sering makan pisang.

8. Disarankan untuk ibu hamil

Wanita yang hamil membutuhkan asam folat yang cukup untuk pertumbuhan janin dalam rahimnya. Pisang mengandung asam folat sehingga direkomendasikan untuk ibu hamil. Pisang akan mencegah terjadinya cacat saat sang bayi lahir dan membantu pembentukan sel-sel baru yang sangat diperlukan oleh janin untuk pertumbuhan sel yang super cepat.

9. Mencegah sembelit

Serat makanan dalam pisang menjaga agar gerakan usus tetap baik. Kalau anda ingin jauh dari sembelit, makan buah dan sayuran yang banyak mengandung serat, pisang salah satunya. Jangan lupa untuk tetap minum air minimal 8 gelas setiap hari

10. Mencegah pengeroposan tulang

Konsumsi kalium yang cukup membantu mengurangi ekskresi kalsium dalam urin. Karena menekan ekskresi kalsium tentu akan meminimalkan hilangnya kalsium dari tubuh yang pada akhirnya mengurangi risiko osteoporosis.




loading...

Artikel terkait 10 Manfaat Kesehatan Makan Pisang