Home » Makanan dan Minuman » Manfaat Kesehatan Kafein Dalam Kopi

Manfaat Kesehatan Kafein Dalam Kopi



manfaat kesehatan kafeinKopi merupakan minuman yang bayak disukai di semua kalangan, dari yang muda sampai yang tua suka akan minuman ini. Biji kopi yang harum dan rasanya yang khas, merupakan daya tarik tersendiri meminum minuman ini. Kopi, membuat tenang pikiran dan membangkitkan semangat untuk bekerja. Terlepas dari itu, ternyata kandungan kopi juga sangat baik untuk kesehatan.

Mungkin waktu dulu, banyak dokter tidak menyarankan untuk meminum kopi, karena kandungan kafeinnya, yang tidak baik bagi beberapa jenis penyakit. Namun, penelitian baru â?? baru ini menunjukkan bahwa kafein juga ada manfaaat kesehatnnya. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat kafein bagi kesehatan.

Manfaat kesehatan kafein

1. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Kita setiap harinya harus menghadapi radikal bebas, yang berasal dari udara yang kita hirup dan dari makanan yang kita makan. Radikal bebas inilah yang menyebabkan orang bisa terkena kanker. Jika kita mengkonsumsi kopi setiap hari, kandungan kafein didalamnya mengandung antioksidan yang efektif mengusir sel-sel penyebab kanker yang berasal dari radikal bebas. Setiap hari cukup 200 sampai 300 mg saja kafein dalam kopi, itu sudah cukup untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Baca juga :   Manfaat Rumput Laut Untuk Kulit

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Kafein juga sangat baik untuk otak, bahan ini akan meningkatkan kinerja otak dalam dua hal, yang pertama adalah dapat meningkatkan kewapadaan mental, dan yang kedua adalah dapat meningkatkan memori, sehingga tidak akan cepat lupa. Selain itu, kafein juga dapat mengurangi produksi neutrotransmitters, dimana hal ini yang mengakibatkan degradasi jaringan pada otak. Degradasi pada otak sendiri dapat menyebabkan beberapa penyakit Parkinson atau penyakit lainnya. Nah, dengan konsumsi kafein, maka kemungkinan terkena penyakit ini akan menipis.

3. Melindungi Hati

Manfaat kesehatan kafein berikutnya adalah sebagai pelindung hati. Bagaimana hal itu dapat terjadi? Menurut peneliti yang menunjukkan bahwa seseorang yang bukan peminum kopi 3 kali lebih memungkinkan terkena karsinoma hepatoseluler yaitu sejenis kanker hati, daripada mereka yang sering minum kopi.

4. Mengurangi Resiko Terkena Diabetes Tipe II

Penelitian yang telah dilakukan di Harvard University menunjukkan bahwa orang yang sering meminum kopi dari satu sampai tiga cangkir kopi berkafein setiap hari, berpeluang hanya 10% berisiko terkena diabetes tipe II, dan sedangkan mereka yang meminum kopi sebanyak 6 cangkir kopi setiap hari berisiko menderita diabetes tipe II dari 30 % samapi 50 %.

Baca juga :   Putih Telur Atau Kuning Telur Yang Baik Bagi Kesehatan?

Itulah beberapa manfaat kesehatan kafein yang bisa diambil . Selain itu, kopi juga bisa mengurangi ketegangan dan meningkatkan stamina tubuh. Tapi, perlu diingat, jangan menambahkan banyak gula dalam kopi dan pakailah gula rendah kalori, agar tetap sehat dan manfaat kafein dalam kopi bisa terasa.

 




loading...

Artikel terkait Manfaat Kesehatan Kafein Dalam Kopi