Home » Tips Sehat » Manfaat Kesehatan Biji Rami

Manfaat Kesehatan Biji Rami



buah ramiBiji rami, apakah Anda mengenalnya? Kalau tidak, Anda bisa melihat pada gambar yang terlihat disamping. Banyak orang telah mendengar tentang banyaknya manfaat kesehatan dari biji rami ini. Menambahkan biji yang kaya akan Lemak omega-3 ini dalam menu harian Anda, sangat disarankan.

Manfaat Kesehatan dari Biji Rami

Biji Rami benar-benar makanan ajaib dengan banyak manfaat kesehatan yang meliputi:

Kaya akan asam lemak linoleat alfa dan Omega-3, yang bisa dijadikan alternatif yang sangat baik jika Anda tidak menyukai minyak ikan yang diketahui juga kaya akan Omega 3.

Menyembuhkan peradangan: Bermanfaat untuk menyembuhkan jenis-jenis radang seperti radang sendi, asma, rheumatoid arthritis, migrain, dan osteoporosis.

Meningkatkan kesehatan tulang yang baik, karena biji rami dapat membantu membangun dan mempertahankan kepadatan tulang.

Melindungi terhadap penyakit kanker, penyakit jantung dan diabetes: Membantu menjaga membran sel fleksibel sehingga transportasi insulin dan glukosa lebih efisien, membantu mengurangi pengerasan plak pada dinding arteri, membantu melindungi sel usus besar dari kanker yang memproduksi racun.

Mempertahankan tekanan darah normal: Dari hasil penelitian Shiga Universitas dari Jepang telah menunjukkan bahwa orang dengan Omega-3 baik, memiliki tekanan darah normal dibandingkan mereka yang tidak.

Baca juga :   Cara Mengatasi Jerawat Dengan Masker Jeruk Nipis

Menurunkan kadar kolesterol, yang sama dengan obat statin: Penelitian telah menunjukkan bahwa Lemak omega-3 membantu untuk menormalkan kadar kolesterol dan melakukannya setara dengan obat statin.

Sumber serat yang baik: Serat dalam 1-2 sendok makan biji rami sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan plak keras pada arteri.

Manfaat khusus pada pria dan wanita: Lemak omega-3 dan lignan dalam biji rami membantu mengurangi pertumbuhan tumor prostat pada pria. Hal ini bisa terjadi karena lignan yang telah dikonversi dalam usus menjadi enterolactone dan enterodiol yang mencegah perkembangan tumor prostat, enterolactone dan enterodiol juga membantu melindungi wanita dari kanker payudara.

Manfaat untuk kesehatan mata: Mata kering sering terjadi pada wanita dewasa. Jika wanita yang mengalami mata kering mengkonsumsi biji rami yang kaya akan omega-3 ini dalam makanan mereka, maka hanya memiliki resiko 17% lebih sedikit terkena sindrom mata kering.

Hal-hal yang harus diperhatikan jika konsumsi biji rami

Setelah tahu dengan kelebihan biji rami bagi kesehatan, Anda juga harus memperhatikan penggunaan biji rami. Karena jika tidak diperhatikan, biji rami malah akan menjadi bumerang. Biji rami mengandung agen yang disebut glikosida sianogen. Senyawa ini merupakan bagian dari molekul gula dan mengkonversi ke sianida, racun ke dalam usus manusia. Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak senyawa dari tanaman ini, Anda akan menjadi sangat sakit, atau bisa berakibat fatal.

Baca juga :   Cara Mengatasi Bau Kaki

Hindarkan biji rami ini dari buah hati Anda, karena tidak baik bagi manusia berbobot rendah. Untuk dosis orang dewasa yaitu di bawah 50 gram, atau 2 sendok makan.

Beberapa orang dapat mengalami gangguan pencernaan ringan dan perut kembung ketika makan biji rami untuk pertama kalinya tetapi ini biasanya bisa hilang sendiri.

Gejala lain yang perlu diperhatikan yaitu pusing dan lemah otot. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut setelah makan biji rami, segeralah mendapatkan bantuan medis.




loading...

Artikel terkait Manfaat Kesehatan Biji Rami

biji rami. apa itu biji rami. gambar biji rami. buah rami. biji rami adalah. manfaat biji rami. bentuk biji rami.